Soal SeniBudaya Kelas 11 Kritik Musik
a. Saran musik
a. Kritik tari
b. Kritik musik
c. Saran tari
d. Kritik dan saran
2. Kritik musik yaitu ...
a. bunyi yang disukai manusia
a. suatu seni yang menghasilkan bunyi
b. jenis musik yang sering digunakan dalam permainan musik
c. pertimbangan baik buruk terhadap kemampuan seseorang atau kelompok dalam memproduksi karya musik dalam pertunjukan seni
d. karya seni rupa dua dimensi
3. Perhatikan jenis-jenis kritik berikut!
1) Kritik Jurnalistik
2) Kritik Ilmiah
3) Kritik Pendagogik
4) Kritik Populer
Manakah diatas ini yang merupakan jenis-jenis kritik?
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 1 dan 4
e. Semua benar
4. Kritik yang dilakukan secara terus menerus secara langsung atau tidak langsung dikerjakan oleh penulis yang tidak menuntut keahlian kritis. Ini berarti kritik yang disampaikan bukan pada tepat tidaknya analisis dan evaluasi yang disajikan tetapi pada kesetiaan atas suatu gaya atau jenis musik yang mereka tekuni. Uraian tersebut adalah pengertian dari...
a. Kritik Jurnalistik
b. Kritik Populer
c. Kritik Pendagogik
d. Kritik Ilmiah
e. Kritik Asal
5. kritik musik dibagi menjadi 5 tahap dalam penulisan yaitu...
a. Pendahuluan, deskripsi, analisis formal, interpretasi, evaluasi
b. Pendahuluan, deskripsi, analisis formal, interpretasi, kritik
c. Solusi, evaluasi, analisis formal, kritik, pola
d. Deskripsi, pola, evaluasi, interpretasi, komentar
e. Interpretasi, komentar, deskripsi, analisis formal, solusi
6. orang yang memberi kritik dikenal dengan sebutan .....
a. Pengkritik
b. Kritikus
c. Dikritik
a. Kritiker
d. Kritiking
7. Seorang kritikus harus mempunyai kemampuan …
a. dalam mengkritik orang lain
b. dalam mengobservasi suatu lagu
c. dalam mengomentari orang
d. dalam berbicara
e. dalam bernyanyi
8. Objek kritik musik adalah…
a. karya seni lukis
b. Karya ilmiah para siswa
c. Karya musik para siswa
d. karya tulis
e. Karya seni rupa para siswa
9. Tujuan kritik adalah untuk membuat siswa yang dikritik menjadi …
a. sedih
b. sombong
c. senang
d. marah
e. tahu kekurangannya
10. Hal berikut yang dianggap paling penting dari jenis-jenis kritik adalah….
a. Kritik popular
b. Kritik saran
c. Kritik jurnalistik
d. Kritik pendagogik
e. Kritik ilmiah
11. Ritme yaitu ...
a. keseimbangan antara unsur
b. kesatuan antar nada
c. irama yang mengesankan gerak
d. kesederhanaan bentuk
e. keselarasan antar musik
12. indra penikmat cabang seni musik adalah...
a. Penglihatan dan perabaan
b. Perabaan
c. penglihatan
d. Penglihatan dan pendengaran
e. pendengaran
13. disebut apa kah instrumen yang tidak bernada?
a. ritme
b. Tempo
c. silent
d. melodi
e. perkusif
14. Kebutuhan ekspresif manusia yaitu kebutuhan ....
a. yang tidak ada kaitannya dengan perasaan
b. sehari-hari
c. diluar kebutuhan pokok
d. yang penting yang harus di penuhi
e. yang berkaitan dengan kemampuan manusia untuk mengekspresikan perasaan, emosi, atau gagasan tentang kehidupan
15. Selain suling, instrumen tradisional Sunda yang terbuat dari bambu adalah..
a. sasando
b. angklung
c. gitar
d. tumpong
e. kecapi
c. irama yang mengesankan gerak
d. kesederhanaan bentuk
e. keselarasan antar musik
12. indra penikmat cabang seni musik adalah...
a. Penglihatan dan perabaan
b. Perabaan
c. penglihatan
d. Penglihatan dan pendengaran
e. pendengaran
13. disebut apa kah instrumen yang tidak bernada?
a. ritme
b. Tempo
c. silent
d. melodi
e. perkusif
14. Kebutuhan ekspresif manusia yaitu kebutuhan ....
a. yang tidak ada kaitannya dengan perasaan
b. sehari-hari
c. diluar kebutuhan pokok
d. yang penting yang harus di penuhi
e. yang berkaitan dengan kemampuan manusia untuk mengekspresikan perasaan, emosi, atau gagasan tentang kehidupan
15. Selain suling, instrumen tradisional Sunda yang terbuat dari bambu adalah..
a. sasando
b. angklung
c. gitar
d. tumpong
e. kecapi
16. alat musik yang berasal dari Thailand adalah...
a. khene
b. Shakuhachi
c. dizi
d. Dan bau
e. marimba
17. Perhatikan alat musik berikut!
1. Marimba
2. Tumpong
3. khene
4. Shakuhachi
5. Dizi
Yang manakah alat musik bambu yang berasal dari Filipina?
a. 1 , 3
b. 2 , 4
c. 2 , 3
d. 3 , 5
e. 1 , 2
18. Masyrakat sunda dikenal sebagai masyarakat yang akrab atau dekat dengan lingkungan alam. Mereka memandang lingkungan hidupnya sebagai sesuatu yang indah, yang harus...
a. di hancurkan, di jaga, di hormati, di rawat
b. di pelihara, di musnahkan , di rawat , di jaga
c. di hormati, di rusak, di akrabi, di pelihara
d. di rawat, di kotori, di akrabi, di pelihara
e. dirawat, di pelihara, di akrabi, di hormati
19. nay atau serunai adalah alat musik yang berasal dari...
a. Thailand
b. Cina
c. Arab
d. Jepang
e. Filipina
20. kenapa fungsi musik disebut sebagai acara hiburan?
a. karena untuk upacara
b. karena untuk iseng-iseng
c. karena untuk nilai-nilai kepercayaan
d. karena dapat membuat orang yang mendengarkan musik merasa senang
e. karena untuk mematahkan semangat
21. Pengertian musik dibawah ini yang tidak tepat yaitu ...
a. Musik merupakan bahasa yang universal
b. Musik adalah bunyi yang enak didengar
c. Musik adalah bunyi yang disukai oleh manusia
d. Musik adalah bunyi yang terdiri dari ritmik dan melodi yang teratur
e. Musik adalah bunyi yang tidak menarik
22. Perhatikan genre seni musik berikut !
1) Pop
2) dangdut
3) keroncong
4) Jazz
5) Tradisional
6) jadul
Apa saja jenis genre musik yang benar diatas ini?
a. 5 , 2 , 4 , 3 , 1
b. 6 , 4 , 3 , 1 , 5
c. 1 , 5 , 3 , 6 , 4
d. 2 , 6 , 4 , 5 , 1
e. 4 , 1 , 6 , 2 , 5
23. Yang bukan merupakan ciri-ciri musik sebagai simbol?
a. adanya tinggi-rendah nada, ritme, dinamika, atau tempo
b. terdapat bunyi aneh tidak jelas
c. berhubungan dengan makna tertentu
d. tampak ada karakter bunyi yang dihasilkan oleh instrumen-instrumen
e. termasuk vokal/suara manusia
24. disebut apakah rangkaian bunyi yang awalnya terdengar lembut yang semakin lama semakin keras?
a. Simbol
b. Tempo
c. Decrescendo
d. Crescendo
e. Ritme
25. Tempo lagu yaitu ...
a. bunyi ketukan
b. bunyi yang tidak keras dan tidak rendah
c. bunyi musikal
d. ukuran kecepatan dalam birama lagu
e. instrumen bernada dan tidak bernada
26. Manakah di bawah ini yang merupakan alat musik bambu dari vietnam?
a. Dizi
b. Dan Bau
c. Marimba
d. Shakuhachi
e. Khene
27. Perhatikan uraian berikut ini!
1. Untuk acara hiburan
2. untuk memberi semangat
3. untuk pengungkapan emosional
4. Untuk ritual keagamaan
a. khene
b. Shakuhachi
c. dizi
d. Dan bau
e. marimba
17. Perhatikan alat musik berikut!
1. Marimba
2. Tumpong
3. khene
4. Shakuhachi
5. Dizi
Yang manakah alat musik bambu yang berasal dari Filipina?
a. 1 , 3
b. 2 , 4
c. 2 , 3
d. 3 , 5
e. 1 , 2
18. Masyrakat sunda dikenal sebagai masyarakat yang akrab atau dekat dengan lingkungan alam. Mereka memandang lingkungan hidupnya sebagai sesuatu yang indah, yang harus...
a. di hancurkan, di jaga, di hormati, di rawat
b. di pelihara, di musnahkan , di rawat , di jaga
c. di hormati, di rusak, di akrabi, di pelihara
d. di rawat, di kotori, di akrabi, di pelihara
e. dirawat, di pelihara, di akrabi, di hormati
19. nay atau serunai adalah alat musik yang berasal dari...
a. Thailand
b. Cina
c. Arab
d. Jepang
e. Filipina
20. kenapa fungsi musik disebut sebagai acara hiburan?
a. karena untuk upacara
b. karena untuk iseng-iseng
c. karena untuk nilai-nilai kepercayaan
d. karena dapat membuat orang yang mendengarkan musik merasa senang
e. karena untuk mematahkan semangat
21. Pengertian musik dibawah ini yang tidak tepat yaitu ...
a. Musik merupakan bahasa yang universal
b. Musik adalah bunyi yang enak didengar
c. Musik adalah bunyi yang disukai oleh manusia
d. Musik adalah bunyi yang terdiri dari ritmik dan melodi yang teratur
e. Musik adalah bunyi yang tidak menarik
22. Perhatikan genre seni musik berikut !
1) Pop
2) dangdut
3) keroncong
4) Jazz
5) Tradisional
6) jadul
Apa saja jenis genre musik yang benar diatas ini?
a. 5 , 2 , 4 , 3 , 1
b. 6 , 4 , 3 , 1 , 5
c. 1 , 5 , 3 , 6 , 4
d. 2 , 6 , 4 , 5 , 1
e. 4 , 1 , 6 , 2 , 5
23. Yang bukan merupakan ciri-ciri musik sebagai simbol?
a. adanya tinggi-rendah nada, ritme, dinamika, atau tempo
b. terdapat bunyi aneh tidak jelas
c. berhubungan dengan makna tertentu
d. tampak ada karakter bunyi yang dihasilkan oleh instrumen-instrumen
e. termasuk vokal/suara manusia
24. disebut apakah rangkaian bunyi yang awalnya terdengar lembut yang semakin lama semakin keras?
a. Simbol
b. Tempo
c. Decrescendo
d. Crescendo
e. Ritme
25. Tempo lagu yaitu ...
a. bunyi ketukan
b. bunyi yang tidak keras dan tidak rendah
c. bunyi musikal
d. ukuran kecepatan dalam birama lagu
e. instrumen bernada dan tidak bernada
26. Manakah di bawah ini yang merupakan alat musik bambu dari vietnam?
a. Dizi
b. Dan Bau
c. Marimba
d. Shakuhachi
e. Khene
27. Perhatikan uraian berikut ini!
1. Untuk acara hiburan
2. untuk memberi semangat
3. untuk pengungkapan emosional
4. Untuk ritual keagamaan
Manakah yang merupakan fungsi musik?
a. 1 , 3 , 4
b. 3 , 2 , 4
c. 4 , 2 , 3
d. 4 , 1 , 2
e. Semua benar
28. tidak semua bunyi dapat dikatakan sebagai musik, karena....
a. musik hanya dapat didengar jika ada bunyi
b. musik tidak memerlukan bunyi untuk didengar
c. musik merupakan bunyi yang memiliki nada tunggal
d. bunyi tanpa irama bukan merupakan musik
e. bunyi yang memiliki irama dan melodi lah yang bisa dikatakan sebagai musik
29. Panjang pendeknya susunan nada-nada melodi dari sebuah lagu, yang biasa dilihat dari penggalan-penggalan disebut ...
a. Tangga nada
b. Tempo
c. ritme
d. melodi
e. birama
30. Alat musik jepang berbentuk flute berukuran panjang dinamakan...
a. tumpong
b. peluit
c. Shackuhachi
d. khene
e. angklung
31. lagu Keroncong Kemayoran berasal dari daerah...
a. papua
b. kalimantan timur
c. DKI Jakarta
d. ambon
e. jawa tengah
32. Lagu anak kambing saya berasal dari .....
a. Maluku
b. kalimantan selatan
c. sumatera utara
d. Timor
e. jawa tengah
33. Alat musik yang sering dipandang memiliki bunyi yang indah adalah ....
a. drum
b. Harmonica
c. gendang
d. Gitar
e. suling
34. salah satu kegunaan musik adalah ......
a. sebagai identitas
b. sebagai alat komunikasi
c. pengiring tarian
d. sebagai media belajar
e. sebagai hiburan
35. Di lingkungan sekolah, jenis kolaborasi seni yang bisa kita lakukan yaitu ...
a. grup band mahal
b. band panggilan
c. pentas seni berupa kerajinan tangan, grup band kelasan
d. kehadiran atau mengundang stasiun tv
e. pagelaran seni rupa
36. apa pengertian musik menurut schafer ....
a. musik adalah bunyi yang terdiri dari ritmik dan melodi yang teratur
b. musik adalah bunyi yang enak didengar
c. musik adalah bahasa yang universal
d. musik adalah bunyi yang di sukai manusia
e. musik adalah salah satu bentuk represif musik manusia
37. lagu yang terdengar hanya suara musiknya saja disebut...
a. pernadaan
b. Instrument
c. nada
d. birama
e. irama
38. permainan musik bisa dilakukan dengan cara...
a. tunggal
b. Kelompok
a. solo
c. Rame-rame
d. Semua benar
39. apakah elemen dasar yang tepenting dari musik...
a. tempo
a. 1 , 3 , 4
b. 3 , 2 , 4
c. 4 , 2 , 3
d. 4 , 1 , 2
e. Semua benar
28. tidak semua bunyi dapat dikatakan sebagai musik, karena....
a. musik hanya dapat didengar jika ada bunyi
b. musik tidak memerlukan bunyi untuk didengar
c. musik merupakan bunyi yang memiliki nada tunggal
d. bunyi tanpa irama bukan merupakan musik
e. bunyi yang memiliki irama dan melodi lah yang bisa dikatakan sebagai musik
29. Panjang pendeknya susunan nada-nada melodi dari sebuah lagu, yang biasa dilihat dari penggalan-penggalan disebut ...
a. Tangga nada
b. Tempo
c. ritme
d. melodi
e. birama
30. Alat musik jepang berbentuk flute berukuran panjang dinamakan...
a. tumpong
b. peluit
c. Shackuhachi
d. khene
e. angklung
31. lagu Keroncong Kemayoran berasal dari daerah...
a. papua
b. kalimantan timur
c. DKI Jakarta
d. ambon
e. jawa tengah
32. Lagu anak kambing saya berasal dari .....
a. Maluku
b. kalimantan selatan
c. sumatera utara
d. Timor
e. jawa tengah
33. Alat musik yang sering dipandang memiliki bunyi yang indah adalah ....
a. drum
b. Harmonica
c. gendang
d. Gitar
e. suling
34. salah satu kegunaan musik adalah ......
a. sebagai identitas
b. sebagai alat komunikasi
c. pengiring tarian
d. sebagai media belajar
e. sebagai hiburan
35. Di lingkungan sekolah, jenis kolaborasi seni yang bisa kita lakukan yaitu ...
a. grup band mahal
b. band panggilan
c. pentas seni berupa kerajinan tangan, grup band kelasan
d. kehadiran atau mengundang stasiun tv
e. pagelaran seni rupa
36. apa pengertian musik menurut schafer ....
a. musik adalah bunyi yang terdiri dari ritmik dan melodi yang teratur
b. musik adalah bunyi yang enak didengar
c. musik adalah bahasa yang universal
d. musik adalah bunyi yang di sukai manusia
e. musik adalah salah satu bentuk represif musik manusia
37. lagu yang terdengar hanya suara musiknya saja disebut...
a. pernadaan
b. Instrument
c. nada
d. birama
e. irama
38. permainan musik bisa dilakukan dengan cara...
a. tunggal
b. Kelompok
a. solo
c. Rame-rame
d. Semua benar
39. apakah elemen dasar yang tepenting dari musik...
a. tempo
b. Bunyi
a. ritme
c. dinamika
d. nada
40. lagu “sampurasun” di aransemen oleh...
a. Mukahar
b. ismail marzuki
a. W.R.Supratman
c. Tedi Nur Rochmat
d. ibu Sud
41. Apa arti dari kolaborasi seni yang tepat ?
a. penggabungan kesenian bangsa
b. kerja sama dan kebersamaan
c. alunan musik yang dilakukan bersama
d. pelatihan kerja sama
e. kerja sama dua atau lebih cabang seni
42. Berikut ini fungsi kolaborasi seni, kecuali...
a. untuk merusak kesenian
b. menata karya-karya seni yang fungsional dan ekspresif
c. untuk memberi ide para siswa dalam berkesenian
d. sebagai media hiburan
e. untuk memperindah dan merencanakan seni
43. kenapa eksplorasi bunyi dipandang penting, karena...
a. langka nya sumber bunyi, musik, pengetahuan,dan kemampuan sehingga harus lebih ditingkatkan
b. warisan budaya bangsa
c. terbatasnya musik dan bunyi yang beragam
d. bisa dimanfaatkan untuk pengetahuan
e. tersedianya sumber bunyi yang beragam, dapat membuat kita lebih termotivasi untuk melakukan kolaborasi seni dengan pengetahuan dan kemampuan
44. alat apa saja yang bisa digunakan untuk eksplorasi bunyi...
a. alat musik mahal
b. alat musik kayu
c. alat musik khusus
d. alat yang terbuat dari bambu
e. alat bebas yang memanfaatkan barang yang ada dilingkungan sekitar
45. Perhatikan barang berikut!
1) Gitar listrik
2) Potongan bambu
3) botol plastik berisi beras
4) Galon aqua
5) Keyboard
Contoh barang sederhana yang bisa di jadikan alat musik adalah...
a. 1 , 3 , 4
b. 5 , 2 , 3
c. 1 , 5 , 3
d. 2 , 3 , 4
e. 3 , 4 , 2
46. Alasan dalam kolaborasi seni, bahwa musik tidak dapat dipisahkan dari cabang seni lainnya yaitu ...
a. sudah menyatu dan tergabung
b. sudah termasuk dalam kolaborasi
c. memang susah untuk dipisahkan
d. kolaborasi musik dan gerak tubuh memperlihatkan keterkaitan yang erat di antara ke duanya
e. tidak dapat dipisahkan karena saling ketergantungan
a. ritme
c. dinamika
d. nada
40. lagu “sampurasun” di aransemen oleh...
a. Mukahar
b. ismail marzuki
a. W.R.Supratman
c. Tedi Nur Rochmat
d. ibu Sud
41. Apa arti dari kolaborasi seni yang tepat ?
a. penggabungan kesenian bangsa
b. kerja sama dan kebersamaan
c. alunan musik yang dilakukan bersama
d. pelatihan kerja sama
e. kerja sama dua atau lebih cabang seni
42. Berikut ini fungsi kolaborasi seni, kecuali...
a. untuk merusak kesenian
b. menata karya-karya seni yang fungsional dan ekspresif
c. untuk memberi ide para siswa dalam berkesenian
d. sebagai media hiburan
e. untuk memperindah dan merencanakan seni
43. kenapa eksplorasi bunyi dipandang penting, karena...
a. langka nya sumber bunyi, musik, pengetahuan,dan kemampuan sehingga harus lebih ditingkatkan
b. warisan budaya bangsa
c. terbatasnya musik dan bunyi yang beragam
d. bisa dimanfaatkan untuk pengetahuan
e. tersedianya sumber bunyi yang beragam, dapat membuat kita lebih termotivasi untuk melakukan kolaborasi seni dengan pengetahuan dan kemampuan
44. alat apa saja yang bisa digunakan untuk eksplorasi bunyi...
a. alat musik mahal
b. alat musik kayu
c. alat musik khusus
d. alat yang terbuat dari bambu
e. alat bebas yang memanfaatkan barang yang ada dilingkungan sekitar
45. Perhatikan barang berikut!
1) Gitar listrik
2) Potongan bambu
3) botol plastik berisi beras
4) Galon aqua
5) Keyboard
Contoh barang sederhana yang bisa di jadikan alat musik adalah...
a. 1 , 3 , 4
b. 5 , 2 , 3
c. 1 , 5 , 3
d. 2 , 3 , 4
e. 3 , 4 , 2
46. Alasan dalam kolaborasi seni, bahwa musik tidak dapat dipisahkan dari cabang seni lainnya yaitu ...
a. sudah menyatu dan tergabung
b. sudah termasuk dalam kolaborasi
c. memang susah untuk dipisahkan
d. kolaborasi musik dan gerak tubuh memperlihatkan keterkaitan yang erat di antara ke duanya
e. tidak dapat dipisahkan karena saling ketergantungan
47. Kenapa properti seni rupa sangat dibutuhkan dalam permainan musik? Karena... `kecuali`
a. supaya terlihat jelek
b. sebagai pendukung kolaborasi
c. berdasarkan pengamatan yang dilakukan
d. untuk memperkuat tema yang dipilih
e. untuk memperlihatkan niali-nilai estetik
48. Kolaborasi seni tidak hanya melatih `rasa` (feeling) para siswa, tetapi juga...
a. meningkatkan kesadaran pada siswa
b. meningkatkan kemampuan berpikir logis pada siswa
c. meningkatkan kepintaran pada siswa
d. meningkatkan kerajinan pada siswa
e. meningkatkan kebersihan pada siswa
49. Berasal dari daerah mana lagu Cublak-Cublak Suweng?
a. kalimantan selatan
b. sumatra barat
a. bali
c. sulawesi utara
d. jawa tengah
50. lagu Bolelebo berasal dari daerah...
a. papua
b. Jawa
c. timor
d. sulawesi
e. kalimantan
2. Jelaskan pengertian ritme!
3. Jelaskan pengertian harmoni!
4. Jelaskan pengertian dinamika musik!
5. Jelaskan pengertian tangga nada!
6. Jelaskan perbedaan tangga nada diatonik dan pentatonis!
7. Jelaskan pengertian intro!
8. Jelaskan pengertian interlude!
9. Jelaskan tentang coda dalam lagu!
10. Sebutkan contoh alat musik aerofon!
Jawaban Soal Essay
1. Melodi adalah suatu tingkatan tinggi-rendah dan panjang-pendeknya nada dalam seni musik. Dalam
2. Ritme (irama) ialah suatu rangkaian gerak yang beraturan dan menjadi unsur dasar dari musik.
3. Harmoni ialah suatu cabang ilmu pengetahuan musik yang membahas dan membicarakan tentang keindahan komposisi musik
4. Dinamik ialah suatu tingkatan keras dan lembutnya cara memainkan musik, keras dan lembut ini diperlukan agar musik tidak terdengar monoton atau datar.
5. Tangga nada ialah suatu urutan dari suatu nada yang disusun seperti tangga.
6. Tangga nada pentatonis yakni suatu tangga nada yang hanya terdiri dari 5 nada pokok. Sedangkan tangga nada diatonik ialah sebuah tangga nada yang terdiri dari 7 nada yang berdasarkan interval-interval yang telah ditentukan.
7. intro adalah pembuka lagu atau pengantar menuju lagu
8. interlude adalah bagiab melodi jembatan dari lagu pokok menuju pengembangan
9. Coda adalah bagian penutup dari keseluruhan bagian lagu.
10. Contoh alat musik aerofon adalah flute, seruling, saxophone, dll
a. supaya terlihat jelek
b. sebagai pendukung kolaborasi
c. berdasarkan pengamatan yang dilakukan
d. untuk memperkuat tema yang dipilih
e. untuk memperlihatkan niali-nilai estetik
48. Kolaborasi seni tidak hanya melatih `rasa` (feeling) para siswa, tetapi juga...
a. meningkatkan kesadaran pada siswa
b. meningkatkan kemampuan berpikir logis pada siswa
c. meningkatkan kepintaran pada siswa
d. meningkatkan kerajinan pada siswa
e. meningkatkan kebersihan pada siswa
49. Berasal dari daerah mana lagu Cublak-Cublak Suweng?
a. kalimantan selatan
b. sumatra barat
a. bali
c. sulawesi utara
d. jawa tengah
50. lagu Bolelebo berasal dari daerah...
a. papua
b. Jawa
c. timor
d. sulawesi
e. kalimantan
Soal Essay (Uraian) Seni Musik
1. Jelaskan pengertian melodi!2. Jelaskan pengertian ritme!
3. Jelaskan pengertian harmoni!
4. Jelaskan pengertian dinamika musik!
5. Jelaskan pengertian tangga nada!
6. Jelaskan perbedaan tangga nada diatonik dan pentatonis!
7. Jelaskan pengertian intro!
8. Jelaskan pengertian interlude!
9. Jelaskan tentang coda dalam lagu!
10. Sebutkan contoh alat musik aerofon!
Kunci Jawaban Soal Seni Musik
Jawaban Soal Essay1. Melodi adalah suatu tingkatan tinggi-rendah dan panjang-pendeknya nada dalam seni musik. Dalam
2. Ritme (irama) ialah suatu rangkaian gerak yang beraturan dan menjadi unsur dasar dari musik.
3. Harmoni ialah suatu cabang ilmu pengetahuan musik yang membahas dan membicarakan tentang keindahan komposisi musik
4. Dinamik ialah suatu tingkatan keras dan lembutnya cara memainkan musik, keras dan lembut ini diperlukan agar musik tidak terdengar monoton atau datar.
5. Tangga nada ialah suatu urutan dari suatu nada yang disusun seperti tangga.
6. Tangga nada pentatonis yakni suatu tangga nada yang hanya terdiri dari 5 nada pokok. Sedangkan tangga nada diatonik ialah sebuah tangga nada yang terdiri dari 7 nada yang berdasarkan interval-interval yang telah ditentukan.
7. intro adalah pembuka lagu atau pengantar menuju lagu
8. interlude adalah bagiab melodi jembatan dari lagu pokok menuju pengembangan
9. Coda adalah bagian penutup dari keseluruhan bagian lagu.
10. Contoh alat musik aerofon adalah flute, seruling, saxophone, dll
Jawaban Soal Pilihan Ganda
1 B 11 C 21 E 31 C 41 E
2 C 12 E 22 A 32 D 42 A
3 E 13 E 23 B 33 E 43 E
4 B 14 E 24 D 34 C 44 E
5 A 15 B 25 D 35 C 45 D
6 B 16 A 26 B 36 B 46 D
7 B 17 E 27 E 37 B 47 A
8 C 18 E 28 E 38 D 48 B
9 E 19 C 29 C 39 B 49 D
10 D 20 D 30 C 40 C 50 C
Soal tentang seni musik dan jawaban telah kami sampaikan, baik itu soal pilihan ganda dan soal essay. Semoga bermanfaat. Jika anda tidak puas dengan soal seni musik di atas, silahkan buka di blog kami tentang soal seni budaya seni musik.
1 B 11 C 21 E 31 C 41 E
2 C 12 E 22 A 32 D 42 A
3 E 13 E 23 B 33 E 43 E
4 B 14 E 24 D 34 C 44 E
5 A 15 B 25 D 35 C 45 D
6 B 16 A 26 B 36 B 46 D
7 B 17 E 27 E 37 B 47 A
8 C 18 E 28 E 38 D 48 B
9 E 19 C 29 C 39 B 49 D
10 D 20 D 30 C 40 C 50 C
Soal tentang seni musik dan jawaban telah kami sampaikan, baik itu soal pilihan ganda dan soal essay. Semoga bermanfaat. Jika anda tidak puas dengan soal seni musik di atas, silahkan buka di blog kami tentang soal seni budaya seni musik.
- 100+ contoh soal uts seni budaya kelas 11 semester 2 revisi dan jawabannya
- Bank Soal SeniBudaya Kelas 12 semester 1 dan 2
- Materi Seni Budaya Kelas XI Bab Apresiasi Karya Seni Lengkap
- MateriLengkap Bab Berkarya Seni Rupa KelasXI SMA Sesuai Kurikulum 2013
- Pelajaran sbk alat musik tradisional
- Pengertian seni Budaya dan Kebudayaan
- SOAL & JAWABAN SENI BUDAYA SEMESTER II KELAS XI TERBARU
- SOALJAWABAN SENIBUDAYA KELAS 11 BAB PAMERAN
- Senbud Kelas 8: Manfaat dan Cara Belajar dengan Efektif - New !!
- Soal & Jawaban Seni Budaya Kelas XI Bab Materi Musik Kurikulum 2013
- Soal & Jawaban Seni Budaya Kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013
- Soal Jawaban Seni Budaya Kelas VII SMP/MTS Kurikulum Terbaru Semester I (satu) (soal dan jawaban) | Pilihan Ganda dan Essay
- Soal Pembahasan Seni Budaya Kelas XI Semester II Lengkap | Full Bab
- Soal Penilaian Akhir Semester SeniBudaya kelas12
- Soal Seni Budaya Kelas 12 Essay
- Soal Seni Budaya Kelas XI Untuk Ujian (Ulangan Harian) Lengkap
- Soal SeniBudaya Kelas 11 Bab SeniRupa
- Soal SeniBudaya Kelas 11 Kritik Musik
- Soal SeniBudaya Kelas 11 Tentang Drama Teater & Jawabannya
- Soal sbk bab mengapresiasi Seni Rupa
- bab 1 seni budaya kelas 8 - New !!
- ini dia soal seni budaya kelas 12 semester 1 kurikulum 2013 beserta jawabannya essay dan pilihan ganda
- ini dia soal uas kelas 12 senbud beserta jawabannya terlengkap
- soal dan kunci seni budaya kelas x smt 1
- soal pilihan ganda essay seni budaya kelas 5 sd/mi semester 1 dan kunci jawaban
- soal pilihan ganda penjaskes bab senam lantai beserta jawaban
- soal pilihan ganda sbk smp kelas 789 smp/mts
- soal pkn ancaman terhadap negara dalam bingkai bhinneka tunggal ika
- soal sbk gambar model kelas 8 smp
- soal senbud menggambar florafauna dan alambenda
- soal seni budaya gambarlah ragam hias flora fauna figuratif dan geometris
- soal seni budaya kelas 10 semester 1 kurikulum 2013 essay dan pilgan
- soal seni budaya kelas 12 tentang musik
- soal seni budaya kelas 12 usbn dan jawabannya
- soal seni budaya kelas xi semester 2 seni teater pilihan ganda dan kunci jawaban
- soal senibudaya kelas10 semester2 kurikulum2013 besertajawabannya
- soal senibudaya kelas12 bab seni rupa