Soal SeniBudaya Kelas 11 Tentang Drama Teater & Jawabannya
SENI DRAMA dan TEATER
1. Teater modern berkembang pada umumnya memperoleh pengaruh dari budaya....
a. primitif
b. pendatang
c. kosmopolitan
d. barat
e. hedonisme
2. Berikut ini yang bukan termasuk unsur sastra dalam sebuah drama adalah...
a. perwatakan
b. tema
c. tata musik
d. penokohan
e. alur
3. Salah satu contoh dari teater modern yang pernah dipentaskan oleh dramawan Indonesia adalah seperti di bawah ini, kecuali....
a. Manusia Baru
b. Lukisan Massa
c. Dokter Bisma
d. Taufan di Atas Asia
e. Ramayana
4. Ciri khas dari teater modern, diantaranya dapat terlihat dari....
a. para pemainnya
b. penulis skenarionya
c. bahasa yang digunakannya
d. penataan panggung dan dekorasi
e. nilai yang disuguhkan
5. Tuan Amin adalah salah satu contoh karya teater modern yagn merupakan hasil karya....
a. Sanoesi Pane
b. Armyn Pane
c. El Hakim
d. Idrus
e. Amal Hamzah
6. Bentuk drama yang pemainnya berbicara sendiri tanpa ada lawan bermain disebut drama...
a. monolog
b. drama absurd
c. drama minikata
d. kontemplasi
e.meditasi
7. Pemilihan pemain dalam sebuah drama disebut....
a. aktor
b. shooting
c. casting
d. editing
e. cutting
8. Pengarang drama absurd yang terkenal di Indonesia adalah....
a. Idrus
b. Sanoesi Pane
c. Muhammad Yamin
d. Iwan Simatupang
e. W.S. Rendra
9. Berikut adalah salah satu persamaan dari drama tradisional dan drama modern, yaitu....
a. memiliki pementasan dan dekorasi
b. memiliki naskah
c. cerita berdasarkan sumber yang sama
d. mengandalkan tarian
e. diiringi musik yang sama
10. Teater modern ide ceritanya biasanya berasal dari....
a. kisah kerajaan
b. dongeng
c. Hikayat
d. legenda
e. kehidupan bermasyarakat sehari-hari
11. Teater terkini yang sudah jauh meninggalkan teater tradisional adalah....
Jawaban: teater kontemporer
12. Jenis teater dikelompokkan menjadi dua, yaitu....
Jawaban: teater tradisional dan nontradisional
13. Jenis drama yang diperankan oleh seorang pemain disebut....
Jawaban: monolog
14. Salah satu pengarang drama absurd adalah....
Jawaban: Iwan Simatupang
15. Drama yang menggunakan kata seminim mungkin disebut drama....
Jawaban: minikata
16. Seorang dramawan, penyair, sekaligus budayawan terkenal yang dijuluki “Si Burung Merak” adalah....
Jawaban: W.S. Rendra
17. Seorang yang dikenal sebagai sutradara yang bertangan dingin adalah....
Jawaban: Arifin C. Noer
18. Keindahan cerita dalam drama atau teater terletak pada permasalahan yang disebut....
Jawaban: Isi cerita
19. Rangkaian cerita yang saling berhubungan dengan menggunakan hukum sebab akibat adalah....
Jawaban: alur cerita/plot
20. Nilai yang dihubungkan dengan makna sebuah benda/kebendaan adalah....
Jawaban: nilai material
21. Jelaskan perbedaan teater tradisional dengan teater modern!
Jawaban: perbedaan teter tradisional dengan teater modern adalah sebagai berikut:
a. Teater tradisional
- bertolak dari sastra lisan
- tidak ada naskah
- sumber cerita dari kerjaan/dongeng
- bersifat improvisasi
- mengandalkan segi tari dan lagu
- bersifat statis
b. Teater modern
- bertolak dari sastra drama
- ada naskah drama
- sumber cerita dari kehidupan masyarakat sehari-hari
- peran sudah dibagi sesuai naskah,
- mengandalkan segi gerak dan dialog
- bersifat dinamis
22. Sebutkan beberapa naskah drama modern yang pernah dipentaskan!
Jawaban:
naskah drama yang pernah dipentaskan adalah sebagai berikut.
a. Dokter Bisma
b. Manusia Baru
e. Ken Arok
d. Taufan di Atas Asia
e. Tuan Amin
23. Sebutkan tokoh-tokoh teater nontradisional!
Jawaban:
Tokoh-tokoh teater nontradisional adalah sebagai berikut.
a. Armyn Pane
b. Sanusi Pane
c. Idrus
d. Usmar Ismail
24. Sebutkan keunikan teater modern!
Jawaban:
keunikan teater modern adalah sebagai berikut.
a. naskah sudah
b. cerita lebih bervariasi
c. perencanaan lebih kompleks
d. tidak lagi mengandalkan tari dan lagu
25. Sebutkan persamaan teater tradisional dengan teater modern!
Jawaban:
persamaan teater tradisional dan teater modern adalah sebagai berikut:
a. memiliki perlengkapan pementasan yang sama, seperti dekorasi, tata busana, tata musik, dan tata rias.
b. memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai media ekspresi, sarana hiburan, dan media pendidikan
c. memiliki anatomi drama yang sama, yaitu babak, adegan, dan dialog
26. Teater sebagai kegiatan berkesenian yang mengacu kepada kegiatan dan pertunjukkan mengandung unsur-unsur sebagai berikut, kecuali ….
a. lakon
b. Pemeran
c. Sutradara
d. Pentase.
e.sponsor
27. Unsur pertama yang terdapat dalam kegiatan teater adalah ….
a. naskah
b. penonton
c. publik
d. promotor
e. produser
28. Bagian pembuka dalam sebuah drama yang maksudnya untuk memberikan pengarahan kepada pembaca atau penonton disebut ….
a.dialog
b. prolog
c. epilog
d. solilokui
e. monolog
29. Orang yang bertugas mewujudkan gagasan penulis drama di atas pentas secara utuh dan benar adalah ….
a. produser
b. dramawan
c. sastrawan
d. Pemeran
e. promotor
30. Bentuk teater yang secara tegas memisahkan tempat antara pentas dan tempat penonton disebut ….
a. nonprosenium
b. apron
c. prosenium
d. interior
e.pentas portabel
31. Kehadiran seorang penonton sama pentingnya dengan permainan terbaik dari seorang aktor jika hal itu dilihat dari segi keberhasilan sebuah pementasan.
Pernyataan tersebut dinyatakan oleh….
a. Richard Bouleslavsky
b. Arifin C. Noor
c. Umar Khayam
d. Samuel Becket
e. Aris Toteles
32. Faktor-faktor yang mempengaruhi kehadiran jumlah penonton pada saat pagelaran berlangsung, kecuali ….
a. Publikasi yang gencar
b. Popularitas kelompok
c. kualitas pemain baik
d. kerja sama yang baikdengan berbagai pihak
e. kostum mewah
33. Bentuk setting yang sama sekali tidak menggunakan alat-alat tertentu selain tempat di mana lakon dimainkan,termasukjenis setting….
a. konvensional set
b. interior set
c. natural set
d. tradisional set
e. modern set
34. Dalam merias seorang pemain, penata rias harus mempertimbangkanaspek-aspek berikut ini, kecuali….
a. gambaran fisik pelaku
b. harga bahan rias murah
c. warna kebangsaan
d. efek sinar lampu pentas yang mungkin dihasilkan
e. pemilihan bahan rias
35. Berikut ini yang tidak termasuk fungsi dari teater rakyat adalah ….
a. Sebagai alat pendidikan masyarakat
b. Sebagai alat penebal perasaan solidaritaskolektif
c. Sebagai alat mempertahankan suatu budaya bangsa
d. Sebagai alat yang memungkinkan seseorang biasa bertindak dengan penuh kekuasaan terhadap orang yang menyeleweng
e. Sebagai alat untuk mengeluarkan protes terhadap ketidakadilan yang terjadi di masyarakat
c. memiliki anatomi drama yang sama, yaitu babak, adegan, dan dialog
26. Teater sebagai kegiatan berkesenian yang mengacu kepada kegiatan dan pertunjukkan mengandung unsur-unsur sebagai berikut, kecuali ….
a. lakon
b. Pemeran
c. Sutradara
d. Pentase.
e.sponsor
27. Unsur pertama yang terdapat dalam kegiatan teater adalah ….
a. naskah
b. penonton
c. publik
d. promotor
e. produser
28. Bagian pembuka dalam sebuah drama yang maksudnya untuk memberikan pengarahan kepada pembaca atau penonton disebut ….
a.dialog
b. prolog
c. epilog
d. solilokui
e. monolog
29. Orang yang bertugas mewujudkan gagasan penulis drama di atas pentas secara utuh dan benar adalah ….
a. produser
b. dramawan
c. sastrawan
d. Pemeran
e. promotor
30. Bentuk teater yang secara tegas memisahkan tempat antara pentas dan tempat penonton disebut ….
a. nonprosenium
b. apron
c. prosenium
d. interior
e.pentas portabel
31. Kehadiran seorang penonton sama pentingnya dengan permainan terbaik dari seorang aktor jika hal itu dilihat dari segi keberhasilan sebuah pementasan.
Pernyataan tersebut dinyatakan oleh….
a. Richard Bouleslavsky
b. Arifin C. Noor
c. Umar Khayam
d. Samuel Becket
e. Aris Toteles
32. Faktor-faktor yang mempengaruhi kehadiran jumlah penonton pada saat pagelaran berlangsung, kecuali ….
a. Publikasi yang gencar
b. Popularitas kelompok
c. kualitas pemain baik
d. kerja sama yang baikdengan berbagai pihak
e. kostum mewah
33. Bentuk setting yang sama sekali tidak menggunakan alat-alat tertentu selain tempat di mana lakon dimainkan,termasukjenis setting….
a. konvensional set
b. interior set
c. natural set
d. tradisional set
e. modern set
34. Dalam merias seorang pemain, penata rias harus mempertimbangkanaspek-aspek berikut ini, kecuali….
a. gambaran fisik pelaku
b. harga bahan rias murah
c. warna kebangsaan
d. efek sinar lampu pentas yang mungkin dihasilkan
e. pemilihan bahan rias
35. Berikut ini yang tidak termasuk fungsi dari teater rakyat adalah ….
a. Sebagai alat pendidikan masyarakat
b. Sebagai alat penebal perasaan solidaritaskolektif
c. Sebagai alat mempertahankan suatu budaya bangsa
d. Sebagai alat yang memungkinkan seseorang biasa bertindak dengan penuh kekuasaan terhadap orang yang menyeleweng
e. Sebagai alat untuk mengeluarkan protes terhadap ketidakadilan yang terjadi di masyarakat
36. Secara umum, teater tradisional rakyat memiliki ciri-ciri sebagai berikut, kecuali….
a. Cerita digarap berdasarkan fenomena terbaru.
b. Unsur lawakan selalu muncul.
c. Nilai dan laku dramatik dilakukan secara spontan.
d. Penonton mengikuti pertunjukkan secara santai.
e. Tempat pertunjukkan teruka dalam bentuk arena.
37. Menurut Dr. A.H. Nasution, suatu hasil karya seni dituntun untuk memiliki kriteria-kriteria berikut ini,kecuali….
a. Etika
b. estetika
c. konsultatif
d. Efektif
e. edukatif
38. Perkembangan tater Barat di Indonesia sudah mulai tumbuh dan berkembang pada masa pemerintahan….
a. Jepang
b. Indo-Eropa
c. Hindia Belanda
d. Portugis
e. Yunani Kuno
39. Teater Indonesia yang menggunakan bahasa Indonesia mulai tumbuh dan berkembang secara baik pada masa pendudukan ….
a. Jepang
b. Portugis
c. Indo-Belanda
d. spanyol
e. Indo-Eropa
40. Teater klasik barat bersumber dari teater …..
a. Amereka Serikat
b. Roma
c. Portugis
d. Belanda
e. Yunani Kuno
41. Era kebangkitan teater modern Indonesia ditandai oleh kelompok teater bernama ….
a. teater dardanella
b. teater klasik
c. teater Orion
d. teater beling
e. teater Tjahaya Timoer
42. Terlahirnya seniman-seniman teater dan film Indonesia yang berkualitas dan mengabdikan diri sepenuhnya bag perkembangan teater ditandai dengan munculnya ….
a. CHAOS
b. LEKRA
c. ASDRAFI
d. AMI
e. HSBI
43. Pada akhir abad XX , berkembang pula gaya absurdisme dalam teater Indonesia. Absurdisme artinya ….
a. rasional
b. tak masuk akal
c. normal
d. tabu
e. ekpresionis
44. Tokoh-tokoh teater absurd adalah sebagai berikut, kecuali….
a. Jean Paul Sartre
b. Eugene Lonesco
c. Albert Camus
d. Ares Toteles
e. Samuel Becket
45. Dalam pementasan drama, plot dan karakter diwujudkan melalui ….
a. kostum
b. panggung
c. properti
d. amanat
e. laku (action)
46. Pelaku yang menyebabkan timbulnya konflik dalam cerita adalah ….
a. tritagonis
b. sampingan
c. figuran
d. sentral
e. antagonis
47. Garis laku menurut Aris Toteles adalah sebagai berikut, kecuali ….
a. exposition
b. epitasio
c. protasis
d. catastasis
e. catastrophe
48. Permasalahan yang paling dominan menjiwai suatu naskah drama dari awal sampai akhir cerita disebut ….
a. tema minor
b. tema mayor
c. subtema
d. tema cabang
e. tema sampingan
49. Dilihat dari cara menyusun bagian-bagiannya, alur atau plot cerita dapat dibedakan menjadi beberapa macam, kecuali ….
a. progresif
b. alur cabang
c. alur sorot balik
d. alur campuran
e. flashback
50. Gambaran umum bagian alur yang menggambarkan kehadiran beberapa tokoh yang belum mempunyai masalah atau menggambarkan suasana yaitu bagian ….
a. resolusi
b. klimaks
c. paparan (eksposisi)
d. peleraian
e. penggawatan (komplikasi)
51. Ada tiga unsur utama dalam proses pengakuan sebuah benda untuk dapat disebut karya seni, yaitu….
a. peragaan, properti, seniman
b. publik seni, benda seni, penonton
c. struktur batin, pesan, seniman
d. benda seni, panggung, lighting
e. seniman, benda seni,publik seni
52. Dalam pemindahan atau penyaduran karya drama dituntun persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi, kecuali….
a. Plot cerita tidak boleh berubah
b. Karakterisasi hanya sebagian yang boleh diubah
c. Latar budaya harus utuh
d. Karakterisasi dalam keseluruhan teks tidak boleh berubah
e. Persoalan-persoalan yang terdapat dalam teks asli kemungkinan terjadi pula di dalam konteks budaya yang diadaptasi
a. Cerita digarap berdasarkan fenomena terbaru.
b. Unsur lawakan selalu muncul.
c. Nilai dan laku dramatik dilakukan secara spontan.
d. Penonton mengikuti pertunjukkan secara santai.
e. Tempat pertunjukkan teruka dalam bentuk arena.
37. Menurut Dr. A.H. Nasution, suatu hasil karya seni dituntun untuk memiliki kriteria-kriteria berikut ini,kecuali….
a. Etika
b. estetika
c. konsultatif
d. Efektif
e. edukatif
38. Perkembangan tater Barat di Indonesia sudah mulai tumbuh dan berkembang pada masa pemerintahan….
a. Jepang
b. Indo-Eropa
c. Hindia Belanda
d. Portugis
e. Yunani Kuno
39. Teater Indonesia yang menggunakan bahasa Indonesia mulai tumbuh dan berkembang secara baik pada masa pendudukan ….
a. Jepang
b. Portugis
c. Indo-Belanda
d. spanyol
e. Indo-Eropa
40. Teater klasik barat bersumber dari teater …..
a. Amereka Serikat
b. Roma
c. Portugis
d. Belanda
e. Yunani Kuno
41. Era kebangkitan teater modern Indonesia ditandai oleh kelompok teater bernama ….
a. teater dardanella
b. teater klasik
c. teater Orion
d. teater beling
e. teater Tjahaya Timoer
42. Terlahirnya seniman-seniman teater dan film Indonesia yang berkualitas dan mengabdikan diri sepenuhnya bag perkembangan teater ditandai dengan munculnya ….
a. CHAOS
b. LEKRA
c. ASDRAFI
d. AMI
e. HSBI
43. Pada akhir abad XX , berkembang pula gaya absurdisme dalam teater Indonesia. Absurdisme artinya ….
a. rasional
b. tak masuk akal
c. normal
d. tabu
e. ekpresionis
44. Tokoh-tokoh teater absurd adalah sebagai berikut, kecuali….
a. Jean Paul Sartre
b. Eugene Lonesco
c. Albert Camus
d. Ares Toteles
e. Samuel Becket
45. Dalam pementasan drama, plot dan karakter diwujudkan melalui ….
a. kostum
b. panggung
c. properti
d. amanat
e. laku (action)
46. Pelaku yang menyebabkan timbulnya konflik dalam cerita adalah ….
a. tritagonis
b. sampingan
c. figuran
d. sentral
e. antagonis
47. Garis laku menurut Aris Toteles adalah sebagai berikut, kecuali ….
a. exposition
b. epitasio
c. protasis
d. catastasis
e. catastrophe
48. Permasalahan yang paling dominan menjiwai suatu naskah drama dari awal sampai akhir cerita disebut ….
a. tema minor
b. tema mayor
c. subtema
d. tema cabang
e. tema sampingan
49. Dilihat dari cara menyusun bagian-bagiannya, alur atau plot cerita dapat dibedakan menjadi beberapa macam, kecuali ….
a. progresif
b. alur cabang
c. alur sorot balik
d. alur campuran
e. flashback
50. Gambaran umum bagian alur yang menggambarkan kehadiran beberapa tokoh yang belum mempunyai masalah atau menggambarkan suasana yaitu bagian ….
a. resolusi
b. klimaks
c. paparan (eksposisi)
d. peleraian
e. penggawatan (komplikasi)
51. Ada tiga unsur utama dalam proses pengakuan sebuah benda untuk dapat disebut karya seni, yaitu….
a. peragaan, properti, seniman
b. publik seni, benda seni, penonton
c. struktur batin, pesan, seniman
d. benda seni, panggung, lighting
e. seniman, benda seni,publik seni
52. Dalam pemindahan atau penyaduran karya drama dituntun persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi, kecuali….
a. Plot cerita tidak boleh berubah
b. Karakterisasi hanya sebagian yang boleh diubah
c. Latar budaya harus utuh
d. Karakterisasi dalam keseluruhan teks tidak boleh berubah
e. Persoalan-persoalan yang terdapat dalam teks asli kemungkinan terjadi pula di dalam konteks budaya yang diadaptasi
53. Secara garis besar, latar dalam drama dapat dikelompokkkan menjadi tiga bagian pokok, yaitu ….
a. latar waktu, latar tempat, latar sosial
b. latar politik, latar geografis, latar sosial
c. latar waktu, latar zaman, latar sosial
d. latar waktu, latar tempat, latar ekonomi
e. latar intern, latar tempat, latar strata
54. Konflik-konflik yang muncul dalam cerita drama saling berkaitan satu dengan lainnya, kecuali ….
a. Adanya hukum kausalitas(sebab-akibat)
b. Kesatuan rangkaian peristiwa( unity)
c. Terjadinya kejutan (suspensi)
d. Aspek kemasukakalan (plausibiliti)
e. Masalah kejiwaan
55. Dalam menciptakan nama penokohan drama cerita drama, dapat mengacu hal-halberikut ini,kecuali ….
a. berdasarkan asal-usul daerah
b. berdasarkan profesinya
c. berdasarkan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan tokoh.
d. berdasarkan status sosial
e. berdasarkan kondisi fisik
56. Cara memilih pemeran dilakukan dengan
Jawaban: casting
57. Bagian kahir naskah disebut...
Jawaban: epilog
58. Ekspresi termasuk terknik olah...
Jawaban: tubuh
59. Dalam melakukan kegiatan teater perlu diutamakan prinsip...
Jawaban: kerja sama
60. Waktu, tempat, dan suasana yang melatarbelakangi terjadinya suatu cerita disebut....
Jawaban: setting
61. Tahapan yang paling dinanti-natikan pemain adalah tahap...
Jawaban: pementasan
62. Teknik yang berhubungan dengan dialog-dialog yang dilakukan oleh tokoh dan harus menggambarkan karakter dari tokoh tersebut disebut teknik..
Jawaban: memberi isi
63. Pentas atau arena untuk bermain drama dinamakan...
Jawaban: panggung
64. Pemandangan yang menjadikan latar belakang dari suatu tempat yang digunakan untuk memainkan lakon disebut....
Jawaban: dekorasi
65. Pemilihan naskah merupakan bagian....pergelaran
Jawaban: persiapan
66. Sebutkan hal-hal yang dilakukan dalam tahap persiapan pementasan teater!
Jawaban:
a. memilih naskah drama
b. memilih sutradara
c. memilih pembantu sutradara
d. memilih pemain (casting)
67. Jelaskan yang dimaksud dengan olah tubuh, pikiran, dan suara!
Jawaban:
1. Olah tubuh adalah latihan gerakan guna melatih tubuh untuk memainkan tindakan tokoh di depan penonton.
2. Olah suara adalah latihan pengucapan dalam kegiatan teater
a. latar waktu, latar tempat, latar sosial
b. latar politik, latar geografis, latar sosial
c. latar waktu, latar zaman, latar sosial
d. latar waktu, latar tempat, latar ekonomi
e. latar intern, latar tempat, latar strata
54. Konflik-konflik yang muncul dalam cerita drama saling berkaitan satu dengan lainnya, kecuali ….
a. Adanya hukum kausalitas(sebab-akibat)
b. Kesatuan rangkaian peristiwa( unity)
c. Terjadinya kejutan (suspensi)
d. Aspek kemasukakalan (plausibiliti)
e. Masalah kejiwaan
55. Dalam menciptakan nama penokohan drama cerita drama, dapat mengacu hal-halberikut ini,kecuali ….
a. berdasarkan asal-usul daerah
b. berdasarkan profesinya
c. berdasarkan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan tokoh.
d. berdasarkan status sosial
e. berdasarkan kondisi fisik
56. Cara memilih pemeran dilakukan dengan
Jawaban: casting
57. Bagian kahir naskah disebut...
Jawaban: epilog
58. Ekspresi termasuk terknik olah...
Jawaban: tubuh
59. Dalam melakukan kegiatan teater perlu diutamakan prinsip...
Jawaban: kerja sama
60. Waktu, tempat, dan suasana yang melatarbelakangi terjadinya suatu cerita disebut....
Jawaban: setting
61. Tahapan yang paling dinanti-natikan pemain adalah tahap...
Jawaban: pementasan
62. Teknik yang berhubungan dengan dialog-dialog yang dilakukan oleh tokoh dan harus menggambarkan karakter dari tokoh tersebut disebut teknik..
Jawaban: memberi isi
63. Pentas atau arena untuk bermain drama dinamakan...
Jawaban: panggung
64. Pemandangan yang menjadikan latar belakang dari suatu tempat yang digunakan untuk memainkan lakon disebut....
Jawaban: dekorasi
65. Pemilihan naskah merupakan bagian....pergelaran
Jawaban: persiapan
66. Sebutkan hal-hal yang dilakukan dalam tahap persiapan pementasan teater!
Jawaban:
a. memilih naskah drama
b. memilih sutradara
c. memilih pembantu sutradara
d. memilih pemain (casting)
67. Jelaskan yang dimaksud dengan olah tubuh, pikiran, dan suara!
Jawaban:
1. Olah tubuh adalah latihan gerakan guna melatih tubuh untuk memainkan tindakan tokoh di depan penonton.
2. Olah suara adalah latihan pengucapan dalam kegiatan teater
3. Olah pikiran adalah latihan yang dilakukan guna menghayati karakter tokoh.
68. Sebutkan unsur-unsur apa saja yang bersentuhan dengan naskah!
Jawaban:
a. pimpinan artistik
b. stage manager
c. property master
d. penata cahaya
e. penata kostum
f. penata setting
g. penata rias
h. penata musik
69. Sebutkan dan jelaskan ketiga tahap latihan!
Jawaban:
1. Pemanasan, yaitu tahapan dalam latihan yang dilakukan dalam bentuk latihan pernapasan, dan konsentrasi
2. Inti, yaitu kegiatan yang dilakukan dalam rangka meningkatkan skill dalam memainkan peran yang meliputi:
- Latihan membaca
- Latihan blocking
- Latihan karya
- Latiha pengucapan
- Latihan umum
3. Penenangan, yaitu kegiatan yang dilakukan dengan konsentrasi dan pernapasan untuk mengembalikan pada kondisi semula sebelum latihan.
70. Tuliskan lima saja langkah yang harus dilakukan dalam bermain peran menurut Rendra!
Jawaban:
1. Mengumpulkan tindakan-tindakan pokok yang harus dilakukan oleh sang pemeran dalam drama itu.
2. Mengumpulkan sifat-sifat (watak) sang peran, lalu dihubungkan dengan tindakan pokok. Tentukan tindakan mana yang harus ditonjolkan.
3. Mencari sifat-sifat yang harus ditonjolkan oleh pemeran.
4. Mencari tekanan-tekanan kata pada kalimat yang harus diucapkan oleh pemeran.
5. Memadukan gerakan-gerakan (pantomimik) dengan air muka (mimik) agar dapat mengekspresikan watak tokoh yang diperankan.
68. Sebutkan unsur-unsur apa saja yang bersentuhan dengan naskah!
Jawaban:
a. pimpinan artistik
b. stage manager
c. property master
d. penata cahaya
e. penata kostum
f. penata setting
g. penata rias
h. penata musik
69. Sebutkan dan jelaskan ketiga tahap latihan!
Jawaban:
1. Pemanasan, yaitu tahapan dalam latihan yang dilakukan dalam bentuk latihan pernapasan, dan konsentrasi
2. Inti, yaitu kegiatan yang dilakukan dalam rangka meningkatkan skill dalam memainkan peran yang meliputi:
- Latihan membaca
- Latihan blocking
- Latihan karya
- Latiha pengucapan
- Latihan umum
3. Penenangan, yaitu kegiatan yang dilakukan dengan konsentrasi dan pernapasan untuk mengembalikan pada kondisi semula sebelum latihan.
70. Tuliskan lima saja langkah yang harus dilakukan dalam bermain peran menurut Rendra!
Jawaban:
1. Mengumpulkan tindakan-tindakan pokok yang harus dilakukan oleh sang pemeran dalam drama itu.
2. Mengumpulkan sifat-sifat (watak) sang peran, lalu dihubungkan dengan tindakan pokok. Tentukan tindakan mana yang harus ditonjolkan.
3. Mencari sifat-sifat yang harus ditonjolkan oleh pemeran.
4. Mencari tekanan-tekanan kata pada kalimat yang harus diucapkan oleh pemeran.
5. Memadukan gerakan-gerakan (pantomimik) dengan air muka (mimik) agar dapat mengekspresikan watak tokoh yang diperankan.