Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

soal pkn kelas 8 semester 2 dan kunci jawaban kurikulum 2013

 


Soal PKN Kelas 8 Semester 2

SOAL PILIHAN GANDA

1. Penjajahan Belanda di Indonesia dimulai sejak didirikannya VOC (Vereenigde Oost Indische Compagnie) pada 20 Maret 1602. Di berbagai daerah, VOC melakukan tindakan dengan melaksanakan politik….
A. Devide et impera
B. Balas budi
C. Etische Politic
D. Dumping


2. Perhatikanlah nama-nama berikut ini!
1. Baron Van Houvel.
2. Van Den Bosch.
3. Mr. Van Deventer.
4. Edward Douwes Dekker.
Siapakah orang Belanda yang tinggal atau pernah tinggal di Indonesia yang mengetahui penderitaan rakyat Indonesia karena diterapkannya tanam….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 1, 3, dan 4
D. 2, 3, dan 4

Soal PKN Kelas 10 SMA Semester 2 K13




3. Gerakan Budi Utomo yaitu sebuah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan berbentuk modern atau lebih jelasnya sebuah organisasi dengan sistem pengurusan yang tetap, ada anggota, tujuan dan program kerja. Organisasi Budi Utomo sendiri dibentuk oleh pelajar STOVIA yang bernama….
A. Wahidin Sudirohusodo
B. Cipto Mangunkusumo
C. Suwardi Suryaningrat
D. Sutomo


Baca juga : Pancasila Sebagai Ideologi Negara


4. Perhatikanlah nama-nama tokoh berikut ini!
1. Wahidin Sudirohusodo.
2. Sutomo.
3. Suwardi Suryaningrat.
4. Cipto Mangunkusumo.
Siapakah tokoh-tokoh perintis Kebangkitan Nasional dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia….
A. 1, 2, dan 3
B. 2, 3, dan 4
C. 1, 3, dan 4
D. 1, 2, dan 4


5. Perhatikanlah pernyataan dibawah ini!
1. Mempelajari berbagai tarian daerah sebagai upaya untuk melestarikannya.
2. Menggunakan produksi luar negeri karena kualitasnya terjamin.
3. Menjaga kelestarian alam.
4. Membuang sampah pada tempatnya.
Dari pernyataan diatas, perilaku yang menggambarkan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia ditunjukkan pada nomor….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 4
C. 2, 3, dan 4
D. 1, 2, dan 4


6. Tindakan saat ini yang tidak sesuai dengan gagasan Wahidin Sudirohusodo tentang pendidikan adalah….
A. Bagi Gina, pendidikan akan membantunya keluar dari kemiskinan sehingga dia belajar dengan serius.
B. Indah ingin sekolah yang tinggi supaya menjadi karyawan di perusahaan terkenal.
C. Diana merasa sangat bersedih saat melihat temannya putus sekolah karena disebabkan tidak ada biaya.
D. Tere senantiasa membantu temannya yang kesulitan belajar.


7. Negara Indonesia merupakan suatu negara yang letak wilayahnya sangat strategis, mempunyai keindahan alam, kaya akan flora dan fauna yang beraneka ragam. Hal tersebut menunjukkan bahwa bangsa Indonesia memiliki berbagai….
A. Keistimewaan.
B. Keunggulan.
C. Kehebatan.
D. Kelebihan.


8. Berikut ini yang bukan merupakan penghayatan kebangkitan nasional untuk generasi muda ialah….
A. Meskipun keluarganya tidak mampu menyekolahkannya, Toni tidak patah semangat dan berusaha mencari beasiswa sehingga dia sekarang bisa sekolah.
B. Tuti begitu senang dengan budaya dari negara Korea, bahkan pakaian dan logat bicaranya identik dengan budaya negara Korea.
C. Danu sangat tertarik dan ingin mengembangkan padi yang tahan hama karena tanaman padi milik ayahnya sering diserang berbagai macam hama.
D. Rani dan Nia sangat suka memasak, bahkan mereka mengikuti kursus memasak pada sore hari sepulang sekolah.


Baca juga : Pengertian Profesional Adalah


9. Organisasi yang dibentuk setelah Budi Utomo yang didirikan oleh R.Satiman Wiryosanjoyo dkk adalah….
A. Jong Sumateramen Bond.
B. Jong Java.
C. Trikoro Dharmo.
D. Sekar Rukun.


10. Siapakah penggagas dari Kongres Pemuda II yang dilaksanakan dalam tiga sesi di tiga tempat berbeda….
A. Perhimpunan Pelajar Indonesia.
B. Trikoro Dharmo.
C. Perhimpunan Indonesia.
D. Perhimpunan Pelajar-pelajar Indonesia.


11. Rapat pertama yaitu pada Sabtu 27 Oktober 1928, Mohammad Yamin menjabarkan mengenai arti dan hubungan persatuan dan pemuda. Menurut M Yamin, ada lima faktor yang dapat memperkuat Indonesia yaitu sejarah, kemauan, hukum adat serta….
A. Bahasa dan pendidikan.
B. Bahasa dan lagu kebangsaan.
C. Bendera kebangsaan dan lambang negara.
D. Bahasa dan bendera negara.


12. Perhatikanlah nama-nama dibawah ini!
1. Soegondo Djojopoespito.
2. R. M. Djoko Marsaid.
3. Amir Syarifuddin.
4. WR. Supratman.
5. Senduk.
6. Johanes Leimena.
Siapa sajakah yang menjadi panitia Kongres Pemuda II….
A. 1, 2, 3, 4, dan 5
B. 2, 3, 4, dan 6
C. 1, 2, 3, 5, dan 6
D. 3, 4, 5, dan 6


13. Ketika M. Sunario sedang berpidato pada sesi terakhir kongres, rumusan sumpah Pemuda ditulis oleh seseorang di selembar kertas. Siapakah yang menulis rumusan tersebut….
A. Soegondo Djojopoespito.
B. Moehammad Yamin.
C. M. Tabrani.
D. Amir Syarifuddin.


14. Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 bukan saja untuk menggerakkan para pemuda meraih kemerdekaan, namun juga ….. bangsa Indonesia sebagai sebuah negara. Manakah jawaban yang tepat untuk melengkapi wacana tersebut….
A. Menumbuhkan rasa cinta.
B. Menggerakkan hati.
C. Mempertegas jati diri.
D. Mempertegas keinginan.


Baca juga : Pengertian Dasar Negara Adalah


15. Tanah air Indonesia ialah seluruh wilayah Indonesia baik di darat maupun di laut yang luasnya hingga mencapai 5.180.053 km2 dan memiliki pulau sebanyak 13.466 pulau. Negara Republik Indonesia disebut juga Nusantara yang berarti….
A. Kepulauan yang terpisahkan oleh lautan.
B. Pulau yang dipisahkan oleh lautan.
C. Pulau di antara lautan.
D. Kepulauan yang dikelilingi oleh daratan.


16. Aku adalah salah satu tokoh pahlawan nasional Indonesia yang dieksekusi mati pada tanggal 5 September 1949 dan menolak untuk menutup mata, karena aku ingin melihat peluru penjajah menebus dadaku. Aku adalah….
A. I Gusti Ngurah Rai.
B. Chairil Anwar.
C. Robert Wolter Mongonsidi.
D. Wage Rudolf Supratman.


17. Dari sejarah Sumpah Pemuda terdapat nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dan membuktikan bahwa ternyata berbagai perbedaan dapat disatukan. Yang tidak termasuk dalam nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Sumpah Pemuda adalah….
A. Cinta bangsa dan tanah air.
B. Sikap rela berkorban.
C. Aktualisasi diri.
D. Mengutamakan kepentingan bangsa dan bisa menerima serta menghargai perbedaan.


18. Dalam peristiwa Sumpah Pemuda yang bersejarah, untuk pertama kalinya diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia dan dipublikasikan pertama kali pada tahun 1928 yaitu pada media cetak….
A. Lembaran Negara.
B. Surat Kabar Sin Po.
C. Berita Negara.
D. Surat Kabar Kompas


19. Perhatikanlah pernyataan dibawah ini!
1. Merusak, menyobek, menginjak-injak, membakar bendera negara.
2. Menggunakan bendera negara untuk promosi atau iklan komersial.
3. Membentangkan bendera negara yang rusak, robek, luntur, kusut atau kusam.
4. Mencetak, menyulam, menulis huruf, angka dan gambar.
5. Mengibarkan bendera negara di depan gedung sekolah.
Dari lima pernyataan diatas, hal-hal yang dilarang dilakukan terhadap bendera negara ialah….
A. 1, 2, 3, dan 5
B. 1, 3, 4, dan 5
C. 2, 3, 4, dan 5
D. 1, 2, 3, dan 4


20. Bahasa Indonesia merupakan Bahasa resmi negara Indonesia. Hal tersebut dinyatakan didalam UUD 1945, yaitu pada pasal….
A. Pasal 35.
B. Pasal 36A.
C. Pasal 36.
D. Pasal 36B.


21. Tujuan dari siswa yang menyanyikan lagu kebangsaan pada awal kegiatan belajar adalah untuk….
A. Menanamkan nasionalisme.
B. Menanamkan kebiasaan baik.
C. Menanamkan patriotism.
D. Agar hafal syair lagunya.


Baca juga : Hak Asasi Manusia Adalah


22. Dalam buku empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yang diterbitkan pada tahun 2012, dijelaskan bahwa Indonesia berasal dari bahasa latin yaitu Indus dan nesos yang memiliki arti….
A. India dan pulau-pulau.
B. Hindia Belanda.
C. Negara kepulauan.
D. Nusantara.


23. Lahir pada 6 Juni 1901 di Blitar Jawa Timur dan meninggal di Jakarta 21 Juni 1970. Memiliki Ayah yang bernama Raden Soekemi Sosrodiharjo dan ibu bernama Ida Ayu Nyoman Rai, dan pernah menjadi Presiden pertama Republik Indonesia. Siapakah tokoh yang dimaksud tersebut….
A. Megawati.
B. Moh. Hatta.
C. Soeharto.
D. Ir. Soekarno.


24. Perhatikanlah nama tokoh berikut ini!
1. Pringgodigdo.
2. Agus Salim.
3. Suwardi Suryaningrat.
4. Douwes Dekker.
5. Tjipto Mangunkusumo.
Dari kelima nama tokoh tersebut tiga tokoh Indische Partij ialah….
A. 1, 2, dan 3
B. 3, 4, dan 5
C. 2, 3, dan 4
D. 1, 3, dan 5


25. Perjuangan ssekarang ini yang tak terbatas oleh waktu karena perjuangan bermaksud mencapai tujuan akhir nasional seperti yang dimaksud dalam UUD 1945. Pernyataan tersebut ada pada….
A. Periode I : Masa sebelum Pergerakan Nasional.
B. Periode II : Masa Pergerakan Nasional.
C. Periode III : Masa Proklamasi serta Perang Kemerdekaan.
D. Periode IV : Masa Perjuangan Mengisi Kemerdekaan.


26. Setiap warga negara Indonesia mempunyai hak dalam memanfaatkan kekayaan wilayah nusantara untuk memenuhi keperluan dan kebutuhan hidup sehari-hari. Hal tersebut adalah wujud dari Indonesia sebagai kesatuan….
A. Ekonomi.
B. Sosial Budaya.
C. Wilayah.
D. Ekonomi.

27. Sebagai seorang pelajar, Andi memiliki impian menjadi seorang Polisi. Ia beralasan agar dapat melindungi Indonesia dari segala bentuk ancaman yang mengganggu keamanan dan kenyamanan seluruh warga negara Indonesia. Hal tersebut menunjukkan makna dari Indonesia sebagai satu kesatuan….
A. Politik.
B. Pertahanan dan Keamanan.
C. Ekonomi.
D. Sosial Budaya.


28. Rajin belajar untuk menguasai ilmu pengetahuan yang digunakan untuk mengabdi kepada negara adalah perwujudan perilaku semangat dan komitmen kebangsaan yaitu….
A. Rela berkorban.
B. Semangat kekeluargaan.
C. Cinta tanah air.
D. Membina persatuan dan kesatuan.


29. Perhatikanlah pernyataan dibawah ini!
1. Memberikan sumbangan pemikiran bagi kemajuan Indonesia.
2. Tidak melakukan hal-hal yang dapat mengancam persatuan bangsa.
3. Memberikan tenaga dan waktu dengan ikhlas untuk kepentingan bersama.
Ketiga pernyataan tersebut menggambarkan perilaku dan komitmen kebangsaan yaitu….
A. Membina persatuan dan kesatuan.
B. Semangat mengabdi.
C. Cinta tanah air.
D. Rela berkorban.


30. Pak Dedi merupakan seorang pejabat di lingkungan pemerintahan di kota tempat ia tinggal. Pak Dedi memiliki sikap disiplin dan tidak pernah melanggar hukum terutama yang berhubungan dengan korupsi. Sikap tersebut mencerminkan….
A. Ketokohan.
B. Keteladanan.
C. Kebangsaan.
D. Pewarisan.

SOAL ESSAY

1. Tuliskan perbedaan antara perjuangan bangsa Indonesia sebelum dan sesudah 1908!
2. Jelaskan arti penting dari kebangkitan nasional bagi bangsa Indonesia!
3. Berikan 4 contoh perilaku sebagai wujud pengamalan nilai-nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda!
4. Tuliskan 4 contoh mengenai keteladanan yang bisa kamu lakukan di lingkungan sekolah!
5. Berikan 4 tantangan yang sedang dihadapi bangsa dan negara Indonesia!


Jawaban: b

3. Kepala negara dalam sistem pemerintahan monarki adalah ...

a. Raja atau ratu

b. Presiden

c. Perdana menteri

d. Parlemen

Jawaban: a

4. Pancasila adalah ideologi bangsa Indonesia yang memiliki jumlah sila sebanyak ...

a. 4

b. 5

c. 6

d. 7

Jawaban: b

5. Yang merupakan hak warga negara dalam demokrasi adalah ...

a. Kepentingan kelompok saja

b. Hak untuk berbicara dan berkumpul

c. Hak untuk menolak undang-undang

d. Hak untuk membuat kebijakan

Jawaban: b

6. Sistem pemerintahan yang dilaksanakan oleh satu partai politik saja disebut sebagai sistem pemerintahan ...

a. Otoriter

b. Monarki

c. Demokrasi

d. Partai tunggal

Jawaban: d

7. Yang dimaksud dengan kedaulatan rakyat adalah ...

a. Kekuasaan yang dipegang oleh raja atau ratu

b. Kekuasaan yang dipegang oleh presiden

c. Kekuasaan yang dipegang oleh partai politik

d. Kekuasaan yang dipegang oleh rakyat

Jawaban: d

8. Hak-hak asasi manusia yang dilindungi oleh negara adalah contoh dari prinsip dasar negara Indonesia yang keempat yaitu ...

a. Demokrasi

b. Keadilan sosial

c. Kemanusiaan yang adil dan beradab

d. Persatuan Indonesia

Jawaban: c

9. Salah satu hak asasi manusia adalah hak untuk beragama dan menjalankan ibadah sesuai agama yang dianut. Hak ini termasuk dalam HAM ...

a. Sipil

b. Politik

c. Ekonomi

d. Budaya

Jawaban: a

10. UUD 1945 mengatur tentang tiga lembaga negara yaitu ...

a. DPR, DPD, dan MA

b. DPR, MPR, dan MK

c. DPR, Presiden, dan KPK

d. DPR, Presiden, dan MK

Jawaban: d

11. Suatu sistem pemerintahan di mana rakyat memilih wakil-wakilnya yang nantinya akan mengambil keputusan politik disebut ...

a. Otoriter

b. Monarki

c. Demokrasi

d. Totaliter

Jawaban: c

12. Negara Indonesia menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, termasuk sila ke-3 yaitu …

a. Persatuan Indonesia

b. Kemanusiaan yang adil dan beradab

c. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

d. Demokrasi yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan

Jawaban: b

13. Pengaruh globalisasi terhadap perkembangan teknologi membawa dampak positif yaitu …

a. Semakin mengecilnya dunia dan meningkatkan kemajuan teknologi

b. Semakin merosotnya ekonomi Indonesia

c. Meningkatkan kemiskinan di Indonesia

d. Semakin tingginya tingkat kriminalitas

Jawaban: a

14. Berikut ini yang merupakan bentuk pengawasan yang dilakukan oleh masyarakat adalah …

a. Pengawasan dari Dewan Perwakilan Rakyat

b. Pengawasan dari lembaga pemerintah

c. Pengawasan dari kepolisian

d. Pengawasan dari media massa dan LSM

Jawaban: d

15. Jika seseorang menyebarluaskan informasi bohong (hoaks) atau fitnah tentang seseorang, maka tindakan tersebut disebut …

a. Kritik

b. Oposisi

c. Kritik sosial

d. Fitnah

Jawaban: d

16. Organisasi kemasyarakatan (ormas) yang dibentuk berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 adalah …

a. Ormas Islam

b. Ormas Nasional

c. Ormas Kebangsaan

d. Ormas Teritorial

Jawaban: c

17. Negara yang diperintah oleh sekelompok orang kaya dan mengeksploitasi rakyatnya termasuk dalam bentuk pemerintahan …

a. Monarki

b. Demokrasi

c. Otoriter

d. Plutokrasi

Jawaban: d

18. Dalam pemerintahan presidensial, kepala negara dan kepala pemerintahan dijabat oleh orang yang sama, yaitu …

a. Presiden

b. Wakil Presiden

c. Menteri

d. Ketua DPR

Jawaban: a

19. Masyarakat adat di Indonesia sering mengalami masalah dalam mempertahankan hak-hak mereka, di antaranya adalah …

a. Tidak adanya dukungan dari pemerintah

b. Tidak mempunyai identitas yang jelas

c. Kurangnya kesadaran dari masyarakat adat

d. Perkembangan teknologi yang semakin pesat

Jawaban: a

20. Pancasila sebagai ideologi terbuka berarti....

a. dapat dikembangkan dan disesuaikan dengan perkembangan zaman dan situasi

b. tidak dapat dikembangkan lagi karena sudah final

c. hanya cocok untuk Indonesia saja

d. tidak perlu dijadikan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Jawaban: a. Dapat dikembangkan dan disesuaikan dengan perkembangan zaman dan situasi

21. Pada zaman Orde Baru, apa yang menjadi dasar ideologi negara Indonesia?

a. Pancasila

b. Trikora

c. Trisila

d. Sapta Marga

Jawaban: c. Trisila

22. Dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara, seorang warga negara harus memahami dan mengamalkan Pancasila sebagai dasar negara. 

Hal ini dapat dilihat dalam ketentuan UUD 1945 pasal ...

a. Pasal 28 A

b. Pasal 29

c. Pasal 30

d. Pasal 31

Jawaban: a. Pasal 28 A

23. Hak dan kewajiban warga negara yang diatur dalam UUD 1945 dan dijabarkan dalam undang-undang disebut sebagai...

a. Hak sipil

b. Hak politik

c. Hak ekonomi

d. Hak sosial budaya

Jawaban: a. Hak sipil

24. Undang-undang Nomor 24 Tahun 2003 tentang Mahkamah Konstitusi mengatur tentang...

a. Sistem peradilan pidana

b. Sistem peradilan tata usaha negara

c. Sistem peradilan agama

d. Sistem peradilan konstitusi

Jawaban: d. Sistem peradilan konstitusi

25. Kepala Negara Indonesia saat ini adalah...

a. Joko Widodo

b. Megawati Sukarnoputri

c. Soeharto

d. Abdurrahman Wahid

Jawaban: a. Joko Widodo

Soal Esai, Essay, Uraian

1. Jelaskan pengertian demokrasi dan jelaskan 3 prinsip dasar dalam demokrasi?

Jawaban: 

Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana kekuasaan berada di tangan rakyat, baik secara langsung atau melalui wakil yang dipilih secara bebas. 

Prinsip dasar dalam demokrasi meliputi kebebasan, kesetaraan, dan keadilan. 

Kebebasan menyangkut hak setiap individu untuk menyatakan pendapat dan memiliki kebebasan bertindak. 

Kesetaraan berarti bahwa semua orang harus diperlakukan sama di depan hukum tanpa diskriminasi. 

Keadilan menyangkut hak individu untuk mendapatkan perlakuan yang adil dan setara.

2. Jelaskan perbedaan antara lembaga eksekutif dan lembaga legislatif?

Jawaban: 

Lembaga eksekutif adalah cabang pemerintah yang bertanggung jawab atas pelaksanaan kebijakan dan peraturan pemerintah. 

Contoh lembaga eksekutif adalah presiden, gubernur, dan wali kota. 

Sedangkan, lembaga legislatif adalah cabang pemerintah yang bertanggung jawab atas pembuatan undang-undang dan pengawasan kebijakan pemerintah. 

Contoh lembaga legislatif adalah DPR dan MPR.

3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan hak asasi manusia dan jelaskan salah satu contoh pelanggaran hak asasi manusia di Indonesia?

Jawaban: 

Hak asasi manusia adalah hak yang melekat pada diri manusia dan diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. 

Hak asasi manusia meliputi hak atas kebebasan, hak atas kesejahteraan, hak atas perlindungan, dan hak atas keadilan. 

Contoh pelanggaran hak asasi manusia di Indonesia adalah tindakan diskriminatif terhadap minoritas, seperti penindasan terhadap suku dan agama tertentu.

4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan globalisasi dan jelaskan salah satu dampak negatif dari globalisasi?

Jawaban: 

Globalisasi adalah proses integrasi ekonomi, sosial, dan politik antara negara-negara di seluruh dunia. 

Hal ini memungkinkan barang, jasa, informasi, dan orang untuk bergerak bebas di seluruh dunia. 

Salah satu dampak negatif dari globalisasi adalah peningkatan kesenjangan ekonomi antara negara-negara kaya dan miskin, yang dapat menyebabkan ketidakadilan sosial dan ekonomi.

5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan demokrasi?

Jawaban: 

Demokrasi adalah sistem pemerintahan di mana kekuasaan berada di tangan rakyat dan rakyat memiliki hak untuk memilih dan dipilih dalam proses pengambilan keputusan.

Nah itulah sekilas penjelasan tentang mata pelajaran PKN dan contoh soal UAS PKN kelas 8 SMP MTs, semoga bermanfaat ya. 

Diharapkan informasi tersebut dapat memberikan manfaat dan membantu dalam persiapan ujian. Jangan lupa selalu belajar dengan tekun dan konsisten ya!

“Belajar PKN bukan hanya untuk memperoleh nilai, tapi juga untuk memperluas wawasan tentang negara dan mengembangkan sikap patriotisme yang tinggi.”

Demikian pembahasan mengenai Ada 30 Contoh Soal UAS PKN Kelas 8 Semester 2 dan Kunci Jawabannya terbaru 2023. 

#Disclaimer :

1. Contoh soal uas dan kunci jawaban diatas tidaklah menjadi soal dan jawaban yang mutlak benar 100 persen.

2. Silahkan sobat pembaca menambah referensi lainnya yang masih relevan dengan materi pembelajaran tersebut.


Berikut dibawah ini soal PKN kelas 8 semester ganjil mengenai memahami kedudukan dan fungsi Pancasila dilengkapi kunci jawaban dengan pertanyaan dimulai dari nomor 1.

1. Dalam kehidupan bermasyarakat kita hendaknya menjunjung tinggi harkat dan martabat orang lain. Hal ini sejalan dengan pelaksanaan Pancasila yaitu sila…
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
Jawaban: b.

2. Pembentukan pemerintah negara Indonesia dilandasi oleh Pancasila. Pernyataan tersebut terdapat dalam pembukaan UUD 1945 alinea ke….
a. ke-1
b. ke-2
c. ke-3
d. ke-4
Jawaban: d.

3. Tiga fungsi pokok Pancasila adalah….
a. pandangan hidup, tujuan hidup, nilai hidup
b. pandangan hidup, ideologi, dasar negara
c. lambing negara, jiwa bangsa, ideology
d. dasar negara, lambing negara, pertahanan negara
Jawaban: b.

4. Pancasila sebagai dasar negara dipergunakan untuk….
a. dasar dalam mengatur penyelenggaraan pemerintah negara
b. menentukan tujuan negara
c. menyusun program pembangunan
d. landasan kehidupan berbangsa dan bernegara
Jawaban: a.

5. Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa dan petunjuk atas semua kegiatan hidup dan penghidupan bangsa Indonesia diberbagai aspek kehidupan masyarakat dan bangsa. Pernyataan ini merupakan pembuktian Pancasila sebagai….
a. cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia
b. perjanjian luhur bangsa Indonesia
c. kepribadian bangsa Indonesia
d. pandangan hidup bangsa Indonesia
Jawaban: d.

6. Pandangan Pancasila tentang kehidupan manusia dalam masyarakat adalah….
a. manusia harus hidup secara teratur
b. setiap individu mempunyai kebebasan mutlak
c. kehidupan manusia harus berada dalam keserasian, keselarasan dan keseimbangan antara pribadi dan masyarakat
d. kehidupan manusia harus sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku dalam kelompok bermasyarakat
Jawaban: c.

7. Dalam hal menyaring budaya asing kedudukan Pancasila berfungsi sebagai….
a. perjanjian luhur bangsa
b. dasar negara Indonesia
c. jiwa dan keperibadian bangsa
d. filsafat bangsa Indonesia
Jawaban: c.

8. Sebagai warga negara kita harus menyadari bahwa mempertahankan ideologi Pancasila bukan hanya tanggung Jawab pemerintah tetapi juga tanggung jawab seluruh rakyat Indonesia. Nilai-nilai Pancasila yang harus dikembangkan dalam menghadapi tantangan zaman adalah….
a. mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

b. menerima kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
c. mempertahankan nilai-nilai asli Indonesia tanpa menerima perkembangan zaman
d. melaksanakan nilai-nilai Pancasila hanya di kalangan masyarakat sesukunya
Jawaban: a.

9. Contoh upaya dalam menerapkan nilai kepribadian bangsa Indonesia berdasarkan nilai-nilai Pancasila berikut ini adalah….
a. mendisiplin diri di waktu bekerja dan belajar
b. melaksanakan kerja sama yang menghasilkan jasa
c. melestarikan nilai-nilai kegotong-royongan
d. menumpuk diri dengan akhlak yang baik/mulia
Jawaban: d.

10. Pancasila adalah dasar negara dari Negara Republik Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945. Pernyataan tersebut merupakan pengertian Pancasila secara….
a. yuridis
b. historis
c. agraris
d. etimologis
Jawaban: a.

11. Nilai-niali dasar yang terkandung dalam UUD 1945 ialah menjunjung tinggi hak asasi manusia dengan berpangkal atas….
a. ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat
b. pengakuan warga negara sebagai makhluk pribadi dan makluk sosial
c. keseimbangan antara individu dan masyarakat
d. hak-hak kodrat seorang manusia
Jawaban: d.

12. Sikap positif terhadap nilai-nilai Pancasila adalah….
a. selalu minta upah setelah mengerjakan sesuatu
b. senang kalua mendapat pujian orang
c. besabar menerima cobaan dan pantang menyerah dalam berbagai kehidupan
d. patuh dan taat pada segala perintah atasan
Jawaban: c.

13. Sikap ‘’mengembangkan sikap saling mencintai sesame manusia’’ merupakan sikap yang sesuai dengan Pancasila khususnya….
a. sila ke-1
b. sila ke-2
c. sila ke-3
d. sila ke-4
Jawaban: b.

14. Demokrasi Pancasila dalam menyelesaikan masalah yang menyangkut kepentingan bersama lebih mengedepankan cara….
a. harus menyelesaikan melalui jalur hukum
b. musyawarah mufakat
c. menyelesaikan secara kekeluargaan
d. menyerahkan kepada pihak yang bersengketa
Jawaban: b.

15. Dalam kehidupan sehari-hari Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara diwujudkan dalam bentuk upaya melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam praktek kehidupan berbangsa dan bernegara. Pelaksanaan nilai-nilai Pancasila di lingkungan sekolah adalah…
a. menjaga keamanan lingkungan
b. menaati tata tertib di sekolah
c. membantu korban bencana alam
d. menolong fakir miskin yang membutuhkan pertolongan
Jawaban: b.

16. Nilai-nilai yang terkandung dalam demokrasi Pancasila adalah sebagai berikut, kecuali….
a. mengakui perbedaan pendapat
b. menjunjung nilai persatuan dan kesatuan
c. mengutamakan musyawarah untuk mufakat
d. memberikan kebebasan individu demi tegaknya HAM
Jawaban: d.

17. Keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan merupakan perwujudan sila….
a. Ketuhanan Yang Maha Esa
b. Kemanusiaan yang adil dan beradab
c. Persatuan Indonesia
d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
Jawaban: c.

18. Salah satu bentuk pengamalan sila Kemanusiaan yang adil dan beradab ialah….
a. menghargai hasil karya orang lain
b. menghormati hak orang lain
c. menolong orang lain agar mampu berdikari
d. rela berkorban demi kepentingan bangsa
Jawaban: c.

19. Pengakuan persamaan derajat, hak dan kewajiban antara sesama manusia merupakan salah satu penjabaran nilai sila….
a. Ketuhanan Yang Maha Esa
b. Kemanusiaan yang adil dan beradab
c. Persatuan Indonesia
d. Kerakyatan yang dipimpin oelh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
Jawaban: b.

20. Bangsa Indonesia telah memiliki Pancasila sebagai pandangan hidupnya. Hal ini berarti bahwa bangsa Indonesia….
a. bebas menentukan sikapnya terhadap bangsa lain di duniab. mempunyai pegangan dan pedoman dalam memecahkan masalah bangsa
c. tidak perlu tahu ideologi bangsa lain yang berasal dari luar
d. telah menunjukkan kepada dunia akan keberhasilannya dalam berjuang melawan penjajah
Jawaban: b.

21. Pancasila dijadikan sebagai dasar negara Indonesia karena….
a. Pancasila diusulkan oelh founding fathers Indonesia
b. Nilai yang terkandung dalam Pancasila mencerminkan jiwa bangsa Indonesia
c. Pancasila dapat dijadikan alat sebagai pemersatu bangsa
d. Pancasila dianggap sangat demokratis sehingga cocok untuk NKRI
Jawaban: b.

22. Pancasila dilaksanakan secara objektif, artinya….
a. Pancasila digunakan sebagai pedoman perilaku sehari-hari
b. Pancasila digunakan sebagai asas tunggal partai politik
c. Pancsila digunakan sebagai sumber hukum negara
d. Pancasila digunakan sebagai dasar hukum penyelenggaraan bangsa
Jawaban: a.

23. Di dalam memandang dan mengartikan Pancasila, maka….
a. setiap sila dari Pancasila boleh berdiri sendiri

b. sila pertama berkedudukan lebih tinggi dari sila-sila yang lain
c. kelima sila harus dipandang sebagai satu kesatuan yang bulat dan utuh
d. sila pertama merupakan sila terpenting
Jawaban: c.

24. Upaya pemerintah dalam meningkatkan pengamalan Pancasila untuk memantapkan persatuan bangsa adalah….
a. menempatkan Pancasila sebagai satu-satunya asas
b. melafalkan Pancasila dalam setiap pertemuan resmi
c. menyusun RP JMN setiap lima tahun sekali
d. menjadikan Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia
Jawaban: d.

25. Peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia sesuai sila-sila Pancasila. Pernyataan itu menunjukkan bahwa….
a. bangsa Indonesia sudah berhasil menjadikan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa

b. hukum di Indonesia dilaksanakan sesuai dasar negara
c. Pancasila menjadi dasar sumber tertib hukum nasional
d. pemerintah menaruh harap besar terhadap Pancasila
Jawaban: c.
26. Tindakan bijaksana yang sesuai dengan demokrasi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah….
a. mengutamakan suara terbanyak
b. dapat mengendalikan diri dengan baik
c. menerima segala keputusan
d. memberikan kebebasan berbeda pendapat
Jawaban: b.

27. Contoh tindakan yang bijaksana sesuai dengan Pancasila dalam kehidupan masyarakat adalah….
a. bermusyawarah dengan pertimbangan baik buruk
b. mempertimbangkan pendapat orang yang lebih tua
c. menerima bahwa perbedaan pendapat memang ada
d. hasil keputusan diambil secara musyawarah mufakat
Jawaban: d.

28. Bangsa Indonesia menjadikan Pancasila sebagai kepribadian bangsa. Sikap warga negara Indonesia yang memiliki kepribadian Pancasila yaitu…
a. menonjolkan sikap individualis dalam pergaulan masyarakat

b. menunjukkan sikap rendah diri di hadapan bangsa-bangsa lain
c. senantiasa saling menyapa ketika berpapasan di jalan
d. menjunjung tinggi hak dan mengesampingkan kewajiban
Jawaban: c.

29. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa sesuai dengan agama dan keyakinannya sesuai dengan nilai Pancasila, sila….
a. Ketuhanan yang Maha Esa
b. Kemanusiaan yang adil dan beradab
c. Persatuan Indonesia
d. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Jawaban: a.

30. Nilai yang terkandung dalam sila Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah….
a. pemborosan barang
b. bergaya hidup hidup mewah
c. bersikap adil terhadap sesama
d. bekerja pelan-pelan asal terlaksana
Jawaban: c.

31. Pengamalan nilai-nilai Pancasila dapat berupa sikap….
a. menghafalkan bunyi kelima Pancasila di sekolah
b. menempelkan tulisan Pancasila di sekolah
c. berusaha melaksanakan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-sehari
d. hidup rukun dengan tetangga yang kaya
Jawaban: c.

32. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia berarti Pancasila merupakan….
a. gambaran sikap dan perilaku manusia Indonesia
b. cita cita dan bagian hidup bangsa Indonesia
c. pegangan dan pedoman hidup bangsa
d. dasar negara mengatur pemerintahan negara
Jawaban: a.

33. Pancasila sebagai sumber nilai memiliki makna….
a. konsensus mayoritas warga negara mewujudkan nilai-nilai dasar Pancasila

b. sikap masyarakat menjadi landasan dalam mengembangkan nilai-nilai Pancasila
c. gagasan tentang nilai-nilai Pancasila ditentukan secara mutlak untuk pedoman hidup
d. seluruh tatanan kehidupan masyarakat, bangsa dan negara menggunakan Pancasila
Jawaban: d.

34. Di bawah ini yang merupakan contoh nilai praksis Panacasila sila ke-1 dalam kehidupan sehari-hari adalah….
a. setiap orang berhak melaksanakan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing
b. setiap orang berhak membentuk keluarga dan melanjutkan keturunan melalui perkawinan yang sah
c. setiap orang berhak bebas dari perlakuan yang bersifat diskriminatif atas dasar apapun

d. setiap orang wajib menghormati hak asasi manusia orang lain dalam tertib kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Jawaban: a.

35. Walaupun seorang anak pemulung, setiap orang berhak untuk mendapatkan pendidikan sampai ke jenjang yang tertinggi, hal ini sesuai dengan sila Pancasila khususnya sila….
a. Ketuhanan Yang Maha Esa
b. Persatuan Indonesia
c. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratab/perwakilan
d. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Jawaban: d.

36. Pancasila sebagai dasar negara harus mengerti kegunaannya, salah satu diantaranya adalah….
a. untuk melandasi sesuatu kehidupan bangsa
b. untuk menangkal musuh yang akan menghancurkan bangsa lain
c. sebagai alat yang dapat digunakan untuk mengatur negara
d. sebagai pedoman hidup bagi yang ingin maju
Jawaban: a.

37. Salah satu contoh bentuk pengamalan sila ke-4 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah….
a. adanya gotong royong di masyarakat
b. pemilihan presiden dan wakil presiden secara langsung
c. menyantuni fakir miskin
d. upacara hari raya keagamaan
Jawaban: b.

38. Berikut ini contoh perilaku yang baik dalam kehidupan bertetangga, bersosial, dan bermasyrakat, kecuali…
a. berbuat baik kepada orang lain hanya kalua ada pamrihnya
b. aktif dalam kegiatan kerja bakti
c. membantu tetangga yang kesusahan
d. menjenguk warga yang sakit
Jawaban: a.

39. Contoh peran serta siswa dalam mempertahankan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di sekolah adalah….
a. mentaati tata tertib sekolah
b. melaksanakan piket setiap hari
c. melaksanakan semua perintah guru
d. suka mengalah dalam pergaulan
Jawaban: a.

40. perilaku berikut yang tidak sesuai nilai-nilai Pancasila dalam lingkungan masyarakat adalah…
a. masa bodoh dengan orang lain
b. musyawarah untuk menyelesaikan masalah di lingkungan sekitar
c. melakukan kerja bakti
d. melakukan poskamling pada malam hari
Jawaban: a.

41. Pancasila ditetapkan sebagai dasar negara pada tanggal….
a. 18 Agustus 1945
b. 28 Oktober 1945
c. 1 Juni 1945
d. 17 Agustus 1945
Jawaban: a.

42. Pengertian Pancasila sebagai dasar negara diperoleh dari…Pembukaan UUD 1945
a. alinea pertama
b. alinea kedua
c. alinea ketiga
d. alinea keempat
Jawaban:d.

43. Pancasila sebagai landasan penyelenggaraan pemerintahan dan kenegaraan merupakan fungsi Pancasila sebagai….
a. dasar negara
b. pandangan hidup bangsa
c. perjanjian luhur bangsa Indonesia
d. jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia
Jawaban: a.

44. Nilai-nilai dasar yang terkandung dalam Pancasila sebagai dasar negara bersifat…
a. lokal
b. instrumental
c. sementara
d. tetap
Jawaban: d.

45. Dasar negara Pancasila tidak bisa diganti dengan dasar negara lain, karena Pancasila megandung nilai yang berasal dari adalah….
a. bangsa Indonesia dan bangsa lain
b. bangsa Indonesia sendiri
c. warisan bangsa yang menjajah
d. budaya bangsa-bangsa
Jawaban: b.


PKn Kelas 8 SMP Semester Genap ini disimpan didalam folder yang diubah menjadi rar. Untuk membuka file tersebut sebenarnya sangat mudah, namun ada yang masih kesulitan untuk membukanya mungkin karena belum mengenal dengan format tersebut. Caranya bisa di lihat pada gambar:

Bagaimana jika mengextrac file pada Android? Caranya anda perlu menginsatall aplikasi pengextract file yang bisa anda dapatkan di Google Play.

Contoh Soal

Berikut ini merupakan Contoh Soal Penilaian Tengah Semester Mata Pelajaran PPKN Kelas 8 SMP/MTs Semester 2 kurikulum 2013:

Soal Latihan PPKN Kelas VIII SMP/MTs Semester 2

1. Yang menyebabkan negara-negara di Eropa melakukan ekspedisi untuk mencari sumber-sumber ekonomi baru ke seluruh dunia pada abad ke-15 adalah:
A. Mencari daerah baru untuk dikuasai
B. Melakukan perdagagan dengan belahan dunia yang lain
C. Rusaknya ekonomi Eropa akibat peperangan dan berkembangnya teknologi pelayaran
D. Alasan rekreasi

2. Awal dimulainya penjajahan Belanda di Indonesia dimulai sejak didirikannya Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC) pada tanggal
A. 20 Mei 1605
B. 27 Juli 1602
C. 20 Maret 1602
D. 14 Februari 1602

3. Di berbagai daerah, VOC melakukan tindakan dengan melaksanakan politik devide et impera. Pengertian politik devide et impera yaitu
A. Politik balas budi
B. Politik tebang pilih
C. Politik adu domba
D. Politik etis

4. Upaya kerja paksa (rodi) guna membangun jalan sepanjang pulau Jawa (Anyer- Panarukan) untuk kepentingan militer, membuat rakyat makin menderita dilakukan pada saat Gubernur Jenderal
A. Van Den Bosch
B. Daendels
C. Van Deventer
D. Baron Van Houvell

5. Sistem Tanam Paksa mewajibkan rakyat menanami sebagian dari sawah dan atau ladangnya dengan tanaman yang ditentukan oleh pemerintah dan hasilnya diserahkan kepada pemerintah. Sistem tanam paksa ini disebut juga dengan
A. Kerja rodi
B. Cultuurstelsel
C. Devide et impera
D. Politik etis

6. Penderitaan bangsa Indonesia menumbuhkan benih perlawanan di berbagai daerah. Perjuangan melawan penjajah dipimpin ulama atau kaum bangsawan. Salah satu pahlawan yang bernama Sultan Hasanuddin berasal dari
A. Sulawesi Selatan
B. Maluku
C. Goa
D. Lombok

7. Penderitaan yang dialami bangsa Indonesia menyadarkan beberapa orang Belanda yang tinggal atau pernah tinggal di Indonesia. Berikut merupakan yang bukan salah satu dari mereka
A. Baron van Houvell
B. Van Deventer
C. Douwes Dekker
D. Van Den Bosch

8. Buku yang menggambarkan bagaimana penderitaan rakyat Lebak, Banten akibat penjajahan Belanda ditulis oleh:
A. Multatuli
B. Van den Bosch
C. Van Deventer
D. Daendels

9. Pengusul Politik Balas Budi adalah
A. Multatuli
B. Van Den Bosch
C. Van Deventer
D. Daendels

10. Berikut yang bukan merupakan program dari Politik Etis adalah
A. Transmigrasi
B. Edukasi
C. Irigasi
D. Vaksinasi

Download Soal

Selengkapnya, bagi bapak atau ibu guru maupun adik-adik yang ingin mendownload Soal PTS / UTS PPKN Kelas 8 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 silahkan melalui tautan link yang yang sudah kami sediakan di bawah ini:

Soal Penilaian Tengah Semester

Name : Soal PTS 2 PPKN Kelas VIII K13

Format : Word

Size : 217 KB

File Compatible : All Windows