Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melestarikan Alam dan Menjaga Lingkungan | Ringkasan PAI SMP 8

Ringkasan materi PAI untuk SMP berdasarkan kurikulum terbaru tentang melestarikan alam dan menjaga lingkungan. Fokus bahasannya lebih kepada Al-Quran dan Hadis tentang melestarikan alam dan menjaga lingkungan serta isi kandungannya. Baca juga tentang bacaan gharib.

Menjaga Alam
Menjaga Alam

A. Ayat dan Hadis tentang Melestarikan Alam dan Menjaga Lingkungan

1. Ar-Rum: 41

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

"Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).”

Isi kandungan:

▪ Kerusakan alam diakibatkan oleh ulah jahil manusia

▪ Ditampakkannya bencana agar manusia sadar akan akibat perbuatan mereka

2. Ibrahim: 32

اَللّٰهُ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ وَاَنْزَلَ مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءً فَاَخْرَجَ بِه مِنَ الثَّمَرٰتِ رِزْقًا لَّكُمْ وَسَخَّرَ لَكُمُ الْفُلْكَ لِتَجْرِيَ فِى الْبَحْرِ بِاَمْرِه وَسَخَّرَ لَكُمُ الْاَنْهٰرَ

“Allah-lah yang telah menciptakan langit dan bumi dan menurunkan air (hujan) dari langit, kemudian dengan (air hujan) itu Dia mengeluarkan berbagai buah-buahan sebagai rezeki untukmu; dan Dia telah menundukkan kapal bagimu agar berlayar di lautan dengan kehendak-Nya, dan Dia telah menundukkan sungai-sungai bagimu.”

Isi kandungan:

▪ Allah SWT menciptakan alam semesta dan segala isinya adalah untuk dimanfaatkan oleh manusia demi kesejahteraan hidup dan kemakmurannya.

▪ Dia juga yang telah menundukkan sungai-sungai bagimu agar kamu dan hewan-hewan ternakmu dapat minum darinya serta bisa kamu manfaatkan untuk keperluan lainnya.

3. Az-Zukhruf: 13

لِتَسْتَوا عَلٰى ظُهُوْرِه ثُمَّ تَذْكُرُوْا نِعْمَةَ رَبِّكُمْ اِذَا اسْتَوَيْتُمْ عَلَيْهِ وَتَقُوْلُوْا سُبْحٰنَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هٰذَا وَمَا كُنَّا لَه مُقْرِنِيْنَ

“Agar kamu duduk di atas punggungnya kemudian kamu ingat nikmat Tuhanmu apabila kamu telah duduk di atasnya; dan agar kamu mengucapkan, “Maha-suci (Allah) yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya,”

Isi kandungan:

▪ Allah menundukkan alam untuk umat manusia agar manusia bersyukur dan mengakui kekuasaan Allah SWT.

 

4. Hadis tentang Melestarikan Alam dan Menjaga Lingkungan

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا أَوْ يَزْرَعُ زَرْعًا فَيَأْكُلُ مِنْهُ طَيْرٌ أَوْ اِنْسَانٌ أَوْ بَهِيْمَةٌ اِلاَّ كَانَ لَهُ بِهِ صَدَقَةٌ.

“Tiada seorang muslim pun yang menanam tanaman kemudian dimakan oleh burung, manusia, atau binatang lainnya melainkan tercatat untuknya sebagai sedekah.”

B. Contoh Melestarikan Alam dan Menjaga Lingkungan

▪ Tidak membuang sampah sembarangan

▪ Tidak membakar sampah

▪ Pengelompokan sampah

▪ Menghemat energi

▪ Menggunakan produk daur ulang

▪ Hemat penggunaan air

▪ Menanam pohon

▪ Tidak melakukan penggundulan hutan

▪ Naik kendaraan umum

▪ Mengurangi penggunaan kertas

▪ Mengurangi bahan kimia

▪ Mengurangi penggunaan plastik

▪ Membawa tas sendiri saat belanja

▪ Menjaga daya hidup hewan