Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi PAI Bab Toleransi dan Menghargai Perbedaan

Al-Quran dan Hadis tentang Toleransi dan Menghargai PerbedaanManusia diciptakan dalam keberagaman seperti berbeda bahasa, ras, suku, negara, dll. Akan tetapi Islam mengajarkan kepada kita bahwa kita tidak boleh menjadikan perbedaan alasan untuk tidak bekerja sama. Baca juga materi PAI tentang bahaya minuman keras, pertengkaran, perjudian.

Toleranasi Beragama
Toleranasi Beragama

A. Pengertian Toleransi

Toleransi adalah sikap tenggang rasa, menghargai, membiarkan, atau membolehkan orang lain untuk berpendapat atau berpendirian yang berbeda dengan dirinya. Toleransi dalam bahasa Arab dikenal dengan tasamuh yang artinya sama-sama berlaku baik, lemah lembut, dan saling memaafkan. Dalam pengertian umum, toleransi adalah sikap saling menghargai dan saling menghormati.

B. Al-Quran dan Hadits tentang Toleransi

Surah Al-Hujurăt/49 : 13

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنٰكُمْ  مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَاللَّهِ أَتْقٰكُمْ إِنَّاللَّهَ عَلِيمٌخَبِيرٌ ﴿الحجرات : ١٣ ﴾

Artinya: “Wahai manusia, sungguh Kami  telah menciptakan kamu dari seorang laki-lakidan seorang perempuan,  kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sungguh orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh Allah Maha Mengetahui, Maha Teliti” . (QS. Al-Hujurăt/49 : 13 )

Hadits tentang Toleransi

الْمُسْلِمُ مَنْ سَلِمَ الْمُسْلِمُونَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ، وَالْمُهَاجِرُ مَنْ هَجَرَ مَا نَهَى اللهُ عَنْهُ. (مُتَّفَقٌ عَلَيهِ)

"Muslim ialah orang yang semua orang Islam selamat dari kejahatan lidah -ucapan -dan kejahatan tangannya-perbuatannya. Muhajir ialah orang yang meninggalkan apa-apa yang dilarang oleh Allah padanya." (Muttafaq 'alaih).

اتَّقِ اللَّهِ حَيْثُمَا كُنْتَ وَأَتْبِعْ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ

“Bertakwalah di manapun kalian berada, dan ikutilah keburukan dengan kebaikan. Niscaya ia akan menghapus keburukan tersebut. Dan pergaulilah manusia dengan akhlak yang baik.”

Kandungan Surah Al-Hujurăt/49: 13 dan Hadis Terkait

1. Keragaman adalah sunnatullah karena Allah menjadikan manusia berkembang demikian banyak sehingga menjadi berbangsa-bangsa dan bersuku-suku.

2. Keragaman itu bukanlah untuk berpecah belah dan saling memusuhi tetapi untuk saling mengenal. Dengan pengenalan yang baik, akan terjalin kedekatan, kerja sama dan saling memberikan manfaat.

3. Seluruh manusia setara di hadapan Allah SWT. Yang membedakan adalah ketakwaannya. Manusia yang paling mulia di sisi Allah adalah yang paling bertakwa.

4. Seorang harus menjaga tangan dan lidahnya agar tidak menyakiti orang lain.

5. Hendaknya kita bergaul dengan seluruh kalangan dengan pergaulan yang baik.

C. Penerapan Toleransi dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Tidak memaksakan keyakinan kepada orang lain.

2. Berlapang dada dalam menerima perbedaan.

3. Membiarkan umat agama lain dalam beribadah.

4. Menjaga dan menghormati kewajiban dan hak orang lain.

5. Tidak membuat gaduh saat orang lain beristirahat.

6. Bebas menjalin hubungan dengan non muslim selama tidak menyangkut masalah akidah dan ibadah.

D. Hikmah Toleransi

1. Menghargai kepada sesama ciptaan Allah SWT.

2. Menghindari terjadinya perpecahan.

3. Menumbuhkan sikap saling menghormati antar sesame.

4. Menumbuhkan tenggang rasa dan suka menolong kepada orang lain.

5. Memperkokoh silaturahmi dan persatuan.

6. Menciptakan kehidupan masyarakat yang aman dan damai.