Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

soal pkn kelas 8 semester 1 dan kunci jawaban k13

 

soal pkn kelas 8 semester 1 dan kunci jawaban k13

1. Dalam kehidupan bermasyarakat kita hendaknya menjunjung tinggi harkat dan martabat orang lain. Hal ini sejalan dengan pelaksanaan Pancasila yaitu sila…

a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
Jawaban: b.

2. Pembentukan pemerintah negara Indonesia dilandasi oleh Pancasila. Pernyataan tersebut terdapat dalam pembukaan UUD 1945 alinea ke….
a. ke-1
b. ke-2
c. ke-3
d. ke-4
Jawaban: d.

Baca Juga :

soal pkn kelas 8 semester 2 dan kunci jawaban kurikulum 2013


3. Tiga fungsi pokok Pancasila adalah….
a. pandangan hidup, tujuan hidup, nilai hidup
b. pandangan hidup, ideologi, dasar negara
c. lambing negara, jiwa bangsa, ideology
d. dasar negara, lambing negara, pertahanan negara
Jawaban: b.

4. Pancasila sebagai dasar negara dipergunakan untuk….
a. dasar dalam mengatur penyelenggaraan pemerintah negara
b. menentukan tujuan negara
c. menyusun program pembangunan
d. landasan kehidupan berbangsa dan bernegara
Jawaban: a.

5. Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa dan petunjuk atas semua kegiatan hidup dan penghidupan bangsa Indonesia diberbagai aspek kehidupan masyarakat dan bangsa. Pernyataan ini merupakan pembuktian Pancasila sebagai….
a. cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia
b. perjanjian luhur bangsa Indonesia
c. kepribadian bangsa Indonesia
d. pandangan hidup bangsa Indonesia
Jawaban: d.

6. Pandangan Pancasila tentang kehidupan manusia dalam masyarakat adalah….
a. manusia harus hidup secara teratur
b. setiap individu mempunyai kebebasan mutlak
c. kehidupan manusia harus berada dalam keserasian, keselarasan dan keseimbangan antara pribadi dan masyarakat
d. kehidupan manusia harus sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku dalam kelompok bermasyarakat
Jawaban: c.

7. Dalam hal menyaring budaya asing kedudukan Pancasila berfungsi sebagai….
a. perjanjian luhur bangsa
b. dasar negara Indonesia
c. jiwa dan keperibadian bangsa
d. filsafat bangsa Indonesia
Jawaban: c.

8. Sebagai warga negara kita harus menyadari bahwa mempertahankan ideologi Pancasila bukan hanya tanggung Jawab pemerintah tetapi juga tanggung jawab seluruh rakyat Indonesia. Nilai-nilai Pancasila yang harus dikembangkan dalam menghadapi tantangan zaman adalah….
a. mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

b. menerima kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
c. mempertahankan nilai-nilai asli Indonesia tanpa menerima perkembangan zaman
d. melaksanakan nilai-nilai Pancasila hanya di kalangan masyarakat sesukunya
Jawaban: a.

9. Contoh upaya dalam menerapkan nilai kepribadian bangsa Indonesia berdasarkan nilai-nilai Pancasila berikut ini adalah….
a. mendisiplin diri di waktu bekerja dan belajar
b. melaksanakan kerja sama yang menghasilkan jasa
c. melestarikan nilai-nilai kegotong-royongan
d. menumpuk diri dengan akhlak yang baik/mulia
Jawaban: d.

10. Pancasila adalah dasar negara dari Negara Republik Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945. Pernyataan tersebut merupakan pengertian Pancasila secara….
a. yuridis
b. historis
c. agraris
d. etimologis
Jawaban: a.

11. Nilai-niali dasar yang terkandung dalam UUD 1945 ialah menjunjung tinggi hak asasi manusia dengan berpangkal atas….
a. ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat
b. pengakuan warga negara sebagai makhluk pribadi dan makluk sosial
c. keseimbangan antara individu dan masyarakat
d. hak-hak kodrat seorang manusia
Jawaban: d.

12. Sikap positif terhadap nilai-nilai Pancasila adalah….
a. selalu minta upah setelah mengerjakan sesuatu
b. senang kalua mendapat pujian orang
c. besabar menerima cobaan dan pantang menyerah dalam berbagai kehidupan
d. patuh dan taat pada segala perintah atasan
Jawaban: c.

13. Sikap ‘’mengembangkan sikap saling mencintai sesame manusia’’ merupakan sikap yang sesuai dengan Pancasila khususnya….
a. sila ke-1
b. sila ke-2
c. sila ke-3
d. sila ke-4
Jawaban: b.

14. Demokrasi Pancasila dalam menyelesaikan masalah yang menyangkut kepentingan bersama lebih mengedepankan cara….
a. harus menyelesaikan melalui jalur hukum
b. musyawarah mufakat
c. menyelesaikan secara kekeluargaan
d. menyerahkan kepada pihak yang bersengketa
Jawaban: b.

15. Dalam kehidupan sehari-hari Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara diwujudkan dalam bentuk upaya melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam praktek kehidupan berbangsa dan bernegara. Pelaksanaan nilai-nilai Pancasila di lingkungan sekolah adalah…
a. menjaga keamanan lingkungan
b. menaati tata tertib di sekolah
c. membantu korban bencana alam
d. menolong fakir miskin yang membutuhkan pertolongan
Jawaban: b.

16. Nilai-nilai yang terkandung dalam demokrasi Pancasila adalah sebagai berikut, kecuali….
a. mengakui perbedaan pendapat
b. menjunjung nilai persatuan dan kesatuan
c. mengutamakan musyawarah untuk mufakat
d. memberikan kebebasan individu demi tegaknya HAM
Jawaban: d.

17. Keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan merupakan perwujudan sila….
a. Ketuhanan Yang Maha Esa
b. Kemanusiaan yang adil dan beradab
c. Persatuan Indonesia
d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
Jawaban: c.

18. Salah satu bentuk pengamalan sila Kemanusiaan yang adil dan beradab ialah….
a. menghargai hasil karya orang lain
b. menghormati hak orang lain
c. menolong orang lain agar mampu berdikari
d. rela berkorban demi kepentingan bangsa
Jawaban: c.

19. Pengakuan persamaan derajat, hak dan kewajiban antara sesama manusia merupakan salah satu penjabaran nilai sila….
a. Ketuhanan Yang Maha Esa
b. Kemanusiaan yang adil dan beradab
c. Persatuan Indonesia
d. Kerakyatan yang dipimpin oelh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
Jawaban: b.

20. Bangsa Indonesia telah memiliki Pancasila sebagai pandangan hidupnya. Hal ini berarti bahwa bangsa Indonesia….
a. bebas menentukan sikapnya terhadap bangsa lain di duniab. mempunyai pegangan dan pedoman dalam memecahkan masalah bangsa
c. tidak perlu tahu ideologi bangsa lain yang berasal dari luar
d. telah menunjukkan kepada dunia akan keberhasilannya dalam berjuang melawan penjajah
Jawaban: b.

21. Pancasila dijadikan sebagai dasar negara Indonesia karena….
a. Pancasila diusulkan oelh founding fathers Indonesia
b. Nilai yang terkandung dalam Pancasila mencerminkan jiwa bangsa Indonesia
c. Pancasila dapat dijadikan alat sebagai pemersatu bangsa
d. Pancasila dianggap sangat demokratis sehingga cocok untuk NKRI
Jawaban: b.

22. Pancasila dilaksanakan secara objektif, artinya….
a. Pancasila digunakan sebagai pedoman perilaku sehari-hari
b. Pancasila digunakan sebagai asas tunggal partai politik
c. Pancsila digunakan sebagai sumber hukum negara
d. Pancasila digunakan sebagai dasar hukum penyelenggaraan bangsa
Jawaban: a.

23. Di dalam memandang dan mengartikan Pancasila, maka….
a. setiap sila dari Pancasila boleh berdiri sendiri

b. sila pertama berkedudukan lebih tinggi dari sila-sila yang lain
c. kelima sila harus dipandang sebagai satu kesatuan yang bulat dan utuh
d. sila pertama merupakan sila terpenting
Jawaban: c.

24. Upaya pemerintah dalam meningkatkan pengamalan Pancasila untuk memantapkan persatuan bangsa adalah….
a. menempatkan Pancasila sebagai satu-satunya asas
b. melafalkan Pancasila dalam setiap pertemuan resmi
c. menyusun RP JMN setiap lima tahun sekali
d. menjadikan Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia
Jawaban: d.

25. Peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia sesuai sila-sila Pancasila. Pernyataan itu menunjukkan bahwa….
a. bangsa Indonesia sudah berhasil menjadikan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa

b. hukum di Indonesia dilaksanakan sesuai dasar negara
c. Pancasila menjadi dasar sumber tertib hukum nasional
d. pemerintah menaruh harap besar terhadap Pancasila
Jawaban: c.
26. Tindakan bijaksana yang sesuai dengan demokrasi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah….
a. mengutamakan suara terbanyak
b. dapat mengendalikan diri dengan baik
c. menerima segala keputusan
d. memberikan kebebasan berbeda pendapat
Jawaban: b.

27. Contoh tindakan yang bijaksana sesuai dengan Pancasila dalam kehidupan masyarakat adalah….
a. bermusyawarah dengan pertimbangan baik buruk
b. mempertimbangkan pendapat orang yang lebih tua
c. menerima bahwa perbedaan pendapat memang ada
d. hasil keputusan diambil secara musyawarah mufakat
Jawaban: d.

28. Bangsa Indonesia menjadikan Pancasila sebagai kepribadian bangsa. Sikap warga negara Indonesia yang memiliki kepribadian Pancasila yaitu…
a. menonjolkan sikap individualis dalam pergaulan masyarakat

b. menunjukkan sikap rendah diri di hadapan bangsa-bangsa lain
c. senantiasa saling menyapa ketika berpapasan di jalan
d. menjunjung tinggi hak dan mengesampingkan kewajiban
Jawaban: c.

29. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa sesuai dengan agama dan keyakinannya sesuai dengan nilai Pancasila, sila….
a. Ketuhanan yang Maha Esa
b. Kemanusiaan yang adil dan beradab
c. Persatuan Indonesia
d. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Jawaban: a.

30. Nilai yang terkandung dalam sila Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah….
a. pemborosan barang
b. bergaya hidup hidup mewah
c. bersikap adil terhadap sesama
d. bekerja pelan-pelan asal terlaksana
Jawaban: c.

31. Pengamalan nilai-nilai Pancasila dapat berupa sikap….
a. menghafalkan bunyi kelima Pancasila di sekolah
b. menempelkan tulisan Pancasila di sekolah
c. berusaha melaksanakan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-sehari
d. hidup rukun dengan tetangga yang kaya
Jawaban: c.

32. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia berarti Pancasila merupakan….
a. gambaran sikap dan perilaku manusia Indonesia
b. cita cita dan bagian hidup bangsa Indonesia
c. pegangan dan pedoman hidup bangsa
d. dasar negara mengatur pemerintahan negara
Jawaban: a.

33. Pancasila sebagai sumber nilai memiliki makna….
a. konsensus mayoritas warga negara mewujudkan nilai-nilai dasar Pancasila

b. sikap masyarakat menjadi landasan dalam mengembangkan nilai-nilai Pancasila
c. gagasan tentang nilai-nilai Pancasila ditentukan secara mutlak untuk pedoman hidup
d. seluruh tatanan kehidupan masyarakat, bangsa dan negara menggunakan Pancasila
Jawaban: d.

34. Di bawah ini yang merupakan contoh nilai praksis Panacasila sila ke-1 dalam kehidupan sehari-hari adalah….
a. setiap orang berhak melaksanakan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing
b. setiap orang berhak membentuk keluarga dan melanjutkan keturunan melalui perkawinan yang sah
c. setiap orang berhak bebas dari perlakuan yang bersifat diskriminatif atas dasar apapun

d. setiap orang wajib menghormati hak asasi manusia orang lain dalam tertib kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Jawaban: a.

35. Walaupun seorang anak pemulung, setiap orang berhak untuk mendapatkan pendidikan sampai ke jenjang yang tertinggi, hal ini sesuai dengan sila Pancasila khususnya sila….
a. Ketuhanan Yang Maha Esa
b. Persatuan Indonesia
c. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratab/perwakilan
d. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Jawaban: d.

36. Pancasila sebagai dasar negara harus mengerti kegunaannya, salah satu diantaranya adalah….
a. untuk melandasi sesuatu kehidupan bangsa
b. untuk menangkal musuh yang akan menghancurkan bangsa lain
c. sebagai alat yang dapat digunakan untuk mengatur negara
d. sebagai pedoman hidup bagi yang ingin maju
Jawaban: a.

37. Salah satu contoh bentuk pengamalan sila ke-4 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah….
a. adanya gotong royong di masyarakat
b. pemilihan presiden dan wakil presiden secara langsung
c. menyantuni fakir miskin
d. upacara hari raya keagamaan
Jawaban: b.

38. Berikut ini contoh perilaku yang baik dalam kehidupan bertetangga, bersosial, dan bermasyrakat, kecuali…
a. berbuat baik kepada orang lain hanya kalua ada pamrihnya
b. aktif dalam kegiatan kerja bakti
c. membantu tetangga yang kesusahan
d. menjenguk warga yang sakit
Jawaban: a.

39. Contoh peran serta siswa dalam mempertahankan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di sekolah adalah….
a. mentaati tata tertib sekolah
b. melaksanakan piket setiap hari
c. melaksanakan semua perintah guru
d. suka mengalah dalam pergaulan
Jawaban: a.

40. perilaku berikut yang tidak sesuai nilai-nilai Pancasila dalam lingkungan masyarakat adalah…
a. masa bodoh dengan orang lain
b. musyawarah untuk menyelesaikan masalah di lingkungan sekitar
c. melakukan kerja bakti
d. melakukan poskamling pada malam hari
Jawaban: a.

41. Pancasila ditetapkan sebagai dasar negara pada tanggal….
a. 18 Agustus 1945
b. 28 Oktober 1945
c. 1 Juni 1945
d. 17 Agustus 1945
Jawaban: a.

42. Pengertian Pancasila sebagai dasar negara diperoleh dari…Pembukaan UUD 1945
a. alinea pertama
b. alinea kedua
c. alinea ketiga
d. alinea keempat
Jawaban:d.

43. Pancasila sebagai landasan penyelenggaraan pemerintahan dan kenegaraan merupakan fungsi Pancasila sebagai….
a. dasar negara
b. pandangan hidup bangsa
c. perjanjian luhur bangsa Indonesia
d. jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia
Jawaban: a.

44. Nilai-nilai dasar yang terkandung dalam Pancasila sebagai dasar negara bersifat…
a. lokal
b. instrumental
c. sementara
d. tetap
Jawaban: d.

45. Dasar negara Pancasila tidak bisa diganti dengan dasar negara lain, karena Pancasila megandung nilai yang berasal dari adalah….
a. bangsa Indonesia dan bangsa lain
b. bangsa Indonesia sendiri
c. warisan bangsa yang menjajah
d. budaya bangsa-bangsa
Jawaban: b.


PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)

LEMBAR SOAL UTAMA

Satuan Pendidikan : SMP/MTs

MataPelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Kelas / Semester : VIII / 1 (Satu)

Waktu :

Hari dan Tanggal :

Kurikulum Acuan : 2013


Petunjuk :

1. Perhatikan dan ikuti petunjuk pengisian Lembar Jawaban yang disediakan;

2. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawab;

3. Laporkan kepada pengawas kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak atau jumlah soal kurang;

4. Dahulukan mengerjakan soal-soal yang Anda anggap mudah;

5. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan menghitamkan bulatan jawaban;

6. Apabila Anda ingin memperbaiki/mengganti jawaban, bersihkan jawaban semula dengan penghapus sampai

bersih, kemudian hitamkan bulatan jawaban yang menurut Anda benar;

7. Periksalah seluruh pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas.


1. Pilihlah huruf A, B,C, atau D sebagai jawaban yang paling benar!

1. Pancasila sebagai norma dasar negara yang fundamental, artinya...

a. aturan yang menjadi acuan dalam berperilaku

b. aturan pokok untuk menjalankan kedaulatan rakyat

c. kaidah negara yang berlaku untuk selamanya

d. aturan pokok untuk mengatur kehidupan bangsa dan negara

2. Pada hakekatnya nilai-nilai pancasila merupakan unsur-unsur yang di gali dari bangsa indonesia yang berupa nilai

adat istiadat kebudayaan serta nilai religius dalam kehidupan sehari-hari bangsa indonesia, hal ini termasuk asal

mula ...

a. asal mula bahan (kausa matrialis) c. asal mula karya (kausa efisien)

b. asal mula bentuk (kausa formalis) d. asal mula tujuan (kausa finalis)

3. Berikut yang bukan isi pancasila sebagai dasar negara yang terkandung di dalam pembukaan UUD 1945 adalah...

a. hukum tata negara c. cita-cita hukum

b. norma pertama d. pokok kaidah negara

4. Dalam menjalankan kehidupan berpancasila, bangsa indonesia menggunakan asas di bawah ini, yang bukan

adalah ...

a. asas kebudayaan c. asas manfaat

b. asas religius d. asas kenegaraan

5. Pancasila sebagai dasar negara selalu dipertahankan sampai sekarang, karena pancasila hasil....

a. peninggalan budaya asli nenek moyang bangsa Indonesia

b. konsensus nasional para pemimpin bangsa Indonesia

c. kristalisasi dari sistem ideologi barat dan timur

d. kristalisasi dari sistem nilai/budaya bangsa Indonesia

6. Sikap menghormati dan menghargai pemeluk agama lain melakukan ibadah, merupakan bentuk pengamalan

Pancasila, Sila ke...

a. Ketuhanan Yang Maha Esa c. Persatuan Indonesia

b. Kemanusiaan yang adil dan beradab d. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

7. Pancasila dilaksanakan untuk mengatur penyelengggaraan kenegaraan.

Pernyataan tersebut merupakan pengertian Pancasila sebagai...

a. sumber tertib hukum c. cita-cita bangsa

b. dasar negara d. falsafah bangsa

8. Bangsa Indonesia memiliki adat istiadat dan nilai kesopanan yang berbeda degngan bangsa lain. Bangsa Indonesia

sangat menjunjung tinggi keramahtamahan dan sopan santun. Hal tersebut merupakan salah satu bukti perwujudan

pancasila sebagai..

a. pandangan hidup bangsa c. perjanjian luhur bangsa

b. dasar negara d. kepribadian bangsa

9. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dan negara bersifat terbuka. Artinya...

a. menerima pengaruh asing sebagai suatu keharusan

b. menerima pengaruh dan budaya asing dengan selektif

c. menerima masuknya ajaran dan pandangan ideologi yang lain

d. menyaring budaya dan iptek dengan penuh kewaspadaan


Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan VIII-PAS 2


10. Bentuk pengamalan Pancasila dalam kehidupan keluarga yaitu...

a. melaksanakan tugas sekolah c. mengikuti kegiatan karang taruna

b. membantu pekerjaan orang tua d. mengikuti perlombaan kegiatan 17 agustus

11. Sikap positif terhadap Pancasila sebagai pandangan hidup dalam kehidupan keluarga adalah...

a. menolak pembagian tugas c. menghargai pendapat antar anggota keluarga

b. menyelesaikan masalah dengan kekerasan d. saling menyalahkan

12. Kewajiban siswa terhadap Pancasila sebagai dasar negara adalah...

a. mempelajari lahirnya Pancasila

b. menghafal sampai lancar

c. mengkaji kebenaran Pancasila melalui diskkusi kelompok

d. mempelajari, mengamalkan, dan mempertahankan Pancasila

13. Berikut ini yang bukan merupakan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat adalah...

a. memperhatikan hak-hak orang lain c. menjunjung tinggi demokrasi

b. mementingkan persatuan d. memaksakan kehendak kepada orang lain

14. Perilaku rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara termasuk nilai-nilai pancasila yaitu sila ...

a. Ketuhanan yang maha esa c. Persatuan indonesia

b. Kemanusiaan yang adil dan beradab d. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia

15. Konstitusi dalam arti hukum dasar tertulis disebut juga....

a. Konstitusi c. UUD

b. Dasar negara d. Konvensi

16. Berikut ini yang bukan termuat dalam isi UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah...

a. Hak dan kewajiban warga negara c. Keuangan negara

b. Pembagian daerah d. Pemisahan kekuasaan

17. Salah satu fungsi UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai alat kontrol yang berarti...

a. Pedoman dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara

b. Pedoman dalam penyusunan peraturan perundang-undangan

c. Hukum/norma yang lebih rendah sesuai atau tidak dengan norma yang lebih tinggi..

d. Sumber hukum bagi hukum yang ada ditingkat bawah

18. UUD 1945 merupakan supreme law yang berarti...

a. UUD 1945 merupakan konstitusi negara

b. UUD 1945 merupakan hukum tertinggi

c. UUD 1945 merupakan dasar negara

d. UUD 1945 merupakan hukum dasar negara

19. Seluruh peraturan perundang-undangan di bawah UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, tidak boleh

bertentangan dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 karena...

a. memuat hal-hal yang prinsip c. merupakan hukum tertulis

b. merupakan hukum dasar d. dibuat oleh para pendiri negara

20. Salah satu hasil perubahan UUD 1945 adalah...

a. Kekuasaan presiden berada di bawah MPR

b. DPR memiliki kekuasaan eksekutif

c. Pemilihan presiden secara langsung

d. Adanya lembaga DPD yang dipilih oleh DPR

21. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 memiliki fungsi yang salah satunya adalah...

a. Organisasi negara pada suatu lembaga

b. alat memaksa dari aturan yang berlaku

c. alat kontrol dari norma hukum yang rendah terhadap norma hukum yang tinggi

d. sumber hukum yang tinggi

22. Undang-Undang Dasar Negara IndonesiaTahun 1945 bersifat singkat, artinya...

a. sudah sangat rinci

b. hanya untuk kalangan terbatas

c. hanya mengatur sebagian kecil tata kenegaraan di Indonesia

d. hanya mengatur hal-hal pokok sehingga perlu dijabarkan dalam peraturan perundang-undangan dibawahnya

23. Organisasi atau lembaga negara yang bertugas membuat peraturan perundang-undangan disebut...

a. Legislatif c. Yudikatif

b. Eksekutif d. Eksaminatif

24. Perhatikan gambar di bawah!


Sikap positif terhadap UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 salah satunya adalah kegiatan yang dilakukan

di ...


Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan VIII-PAS 3


a. lingkungan sekolah c. lingkungan masyarakat

b. lingkungan keluarga d. lingkungan berbangsa dan bernegara

25. Sikap positif terhadap amandemen UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dilingkungan masyarakat dapat

dilakukan dengan cara...

a. merusak gambar presiden dan wakil presiden

b. memaksakan pendapat dalam suatu rapat

c. mengikuti demo di jalanan

d. mengikuti kegiatan karang taruna

26. Berikut ini merupakan sikap kepatuhan warga negaraterhadap perundang-undangan , yang bukan adalah ...

a. membiasakan tertib lalu lintas c. melaksanakan wajib belajar dengan tepat

b. membuat kerusuhan di segala tempat d. membayar pajak bumi dan bangunan dengan tepat

27. Arti penting peraturan perundang-undangan bagi warga negara adalah ...

a. memberikan rasa keadilan bagi warga negara c. menghilangkan penyakit masyarakat

b. meringankan tugas polisi d. melindungi orang-orang yang berbuat kejahatan

28. Setiap peraturan perundang-undangan harus sesuai dengan kenyataan yang ada di dalam kehidupan masyarakat.

Landasan yang digunakan di dalam pernyataan tersebut adalah ...

a. Filosofis c. Yuridis

b. Sosiologis d. Normatif

29. Perhatikan gambar berikut !


Sikap yang mengedepankan rasa keadilan dan kepastiam hukum bagi warga negara pada gambar diatas

merupakan bagian dari...

a. makna peraturan perundang-undangan

b. asas peraturan perundang-undangan

c. fungsi peraturan perundang-undangan

d. kedudukan peraturan perundang-undangan.

30. Yang bukan merupakan asas-asas peraturan perundang-undangan nasional adalah ...

a. asas pengayoman c. asas kekeluargaan

b. asas kemanusiaan d. asas manfaat

31. Menurut UU No. 12 Tahun 2011,tata urutan peraturan perundang-undangan yang berada dibawah UUD 1945

adalah ...

a. Ketetapan MPR c. Peraturan presiden

b. Perppu d. Undang-undang

32. Prosedur untuk mengadakan perubahan UUD 1945 sesuai dengan pasal ...

a. Pasal 36 c. Pasal 38

b. Pasal 37 d. Pasal 39

33. Tata urutan perundang-undangan RI pertama kali diatur dalam ...

a. Tap MPR No. XX/MPRS/1966 c. Tap MPR No. III/MPR/2004

b. Tap MPR No. III/MPR/2000 d. UU No. 10 Tahun 2004

34. Peraturan yang digunakan untuk melaksanakan Undang-Undang Dasar 1945 adalah...

a. UUD 1945 c. Undang-undang

b. Ketetapan MPR d. Peraturan Pemerintah (PP)

35. Peraturan pemerintah pengganti undang-undang yang dikeluarkan presiden yang kemudian ditolak oleh DPR

harus...

a. dibiarkan c. dicabut

b. direvisi d. ditangguhkan

36. Perencanaan penyusunan yang memuat daftar judul dan pokok materi untuk menjalankan undang-undang

merupakan bagian dari proses ...

a. peraturan daerah c. peraturan Presiden

b. peraturan Pemerintah d. TAP MPR


37. Peraturan perundang-undangan yang ditetapkan oleh presiden untuk menjalankan perintah peraturan perundang-

undangan yang lebih tinggi di sebut...


a. peraturan Presiden c. keputusan Presiden

b. peraturan Pemerintah d. instruksi Presiden

38. Contoh peran serta siswa dalam mematuhi peraturan perundang-undangan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah

yaitu...

a. menaati tata tertib siswa c. suka mengalah dalam pergaulan

b. melaksanakan semua perintah guru d. melaksanakan piket setiap hari


Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)

LEMBAR SOAL UTAMA

Satuan Pendidikan : SMP/MTs

MataPelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Kelas / Semester : VIII / 1 (Satu)

Waktu :

Hari dan Tanggal :

Kurikulum Acuan : 2013


Petunjuk :

1. Perhatikan dan ikuti petunjuk pengisian Lembar Jawaban yang disediakan;

2. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawab;

3. Laporkan kepada pengawas kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak atau jumlah soal kurang;

4. Dahulukan mengerjakan soal-soal yang Anda anggap mudah;

5. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan menghitamkan bulatan jawaban;

6. Apabila Anda ingin memperbaiki/mengganti jawaban, bersihkan jawaban semula dengan penghapus sampai

bersih, kemudian hitamkan bulatan jawaban yang menurut Anda benar;

7. Periksalah seluruh pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas.


1. Pilihlah huruf A, B,C, atau D sebagai jawaban yang paling benar!

1. Pancasila sebagai norma dasar negara yang fundamental, artinya...

a. aturan yang menjadi acuan dalam berperilaku

b. aturan pokok untuk menjalankan kedaulatan rakyat

c. kaidah negara yang berlaku untuk selamanya

d. aturan pokok untuk mengatur kehidupan bangsa dan negara

2. Pada hakekatnya nilai-nilai pancasila merupakan unsur-unsur yang di gali dari bangsa indonesia yang berupa nilai

adat istiadat kebudayaan serta nilai religius dalam kehidupan sehari-hari bangsa indonesia, hal ini termasuk asal

mula ...

a. asal mula bahan (kausa matrialis) c. asal mula karya (kausa efisien)

b. asal mula bentuk (kausa formalis) d. asal mula tujuan (kausa finalis)

3. Berikut yang bukan isi pancasila sebagai dasar negara yang terkandung di dalam pembukaan UUD 1945 adalah...

a. hukum tata negara c. cita-cita hukum

b. norma pertama d. pokok kaidah negara

4. Dalam menjalankan kehidupan berpancasila, bangsa indonesia menggunakan asas di bawah ini, yang bukan

adalah ...

a. asas kebudayaan c. asas manfaat

b. asas religius d. asas kenegaraan

5. Pancasila sebagai dasar negara selalu dipertahankan sampai sekarang, karena pancasila hasil....

a. peninggalan budaya asli nenek moyang bangsa Indonesia

b. konsensus nasional para pemimpin bangsa Indonesia

c. kristalisasi dari sistem ideologi barat dan timur

d. kristalisasi dari sistem nilai/budaya bangsa Indonesia

6. Sikap menghormati dan menghargai pemeluk agama lain melakukan ibadah, merupakan bentuk pengamalan

Pancasila, Sila ke...

a. Ketuhanan Yang Maha Esa c. Persatuan Indonesia

b. Kemanusiaan yang adil dan beradab d. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

7. Pancasila dilaksanakan untuk mengatur penyelengggaraan kenegaraan.

Pernyataan tersebut merupakan pengertian Pancasila sebagai...

a. sumber tertib hukum c. cita-cita bangsa

b. dasar negara d. falsafah bangsa

8. Bangsa Indonesia memiliki adat istiadat dan nilai kesopanan yang berbeda degngan bangsa lain. Bangsa Indonesia

sangat menjunjung tinggi keramahtamahan dan sopan santun. Hal tersebut merupakan salah satu bukti perwujudan

pancasila sebagai..

a. pandangan hidup bangsa c. perjanjian luhur bangsa

b. dasar negara d. kepribadian bangsa

9. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dan negara bersifat terbuka. Artinya...

a. menerima pengaruh asing sebagai suatu keharusan

b. menerima pengaruh dan budaya asing dengan selektif

c. menerima masuknya ajaran dan pandangan ideologi yang lain

d. menyaring budaya dan iptek dengan penuh kewaspadaan


Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan VIII-PAS 2


10. Bentuk pengamalan Pancasila dalam kehidupan keluarga yaitu...

a. melaksanakan tugas sekolah c. mengikuti kegiatan karang taruna

b. membantu pekerjaan orang tua d. mengikuti perlombaan kegiatan 17 agustus

11. Sikap positif terhadap Pancasila sebagai pandangan hidup dalam kehidupan keluarga adalah...

a. menolak pembagian tugas c. menghargai pendapat antar anggota keluarga

b. menyelesaikan masalah dengan kekerasan d. saling menyalahkan

12. Kewajiban siswa terhadap Pancasila sebagai dasar negara adalah...

a. mempelajari lahirnya Pancasila

b. menghafal sampai lancar

c. mengkaji kebenaran Pancasila melalui diskkusi kelompok

d. mempelajari, mengamalkan, dan mempertahankan Pancasila

13. Berikut ini yang bukan merupakan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat adalah...

a. memperhatikan hak-hak orang lain c. menjunjung tinggi demokrasi

b. mementingkan persatuan d. memaksakan kehendak kepada orang lain

14. Perilaku rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara termasuk nilai-nilai pancasila yaitu sila ...

a. Ketuhanan yang maha esa c. Persatuan indonesia

b. Kemanusiaan yang adil dan beradab d. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia

15. Konstitusi dalam arti hukum dasar tertulis disebut juga....

a. Konstitusi c. UUD

b. Dasar negara d. Konvensi

16. Berikut ini yang bukan termuat dalam isi UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah...

a. Hak dan kewajiban warga negara c. Keuangan negara

b. Pembagian daerah d. Pemisahan kekuasaan

17. Salah satu fungsi UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai alat kontrol yang berarti...

a. Pedoman dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara

b. Pedoman dalam penyusunan peraturan perundang-undangan

c. Hukum/norma yang lebih rendah sesuai atau tidak dengan norma yang lebih tinggi..

d. Sumber hukum bagi hukum yang ada ditingkat bawah

18. UUD 1945 merupakan supreme law yang berarti...

a. UUD 1945 merupakan konstitusi negara

b. UUD 1945 merupakan hukum tertinggi

c. UUD 1945 merupakan dasar negara

d. UUD 1945 merupakan hukum dasar negara

19. Seluruh peraturan perundang-undangan di bawah UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, tidak boleh

bertentangan dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 karena...

a. memuat hal-hal yang prinsip c. merupakan hukum tertulis

b. merupakan hukum dasar d. dibuat oleh para pendiri negara

20. Salah satu hasil perubahan UUD 1945 adalah...

a. Kekuasaan presiden berada di bawah MPR

b. DPR memiliki kekuasaan eksekutif

c. Pemilihan presiden secara langsung

d. Adanya lembaga DPD yang dipilih oleh DPR

21. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 memiliki fungsi yang salah satunya adalah...

a. Organisasi negara pada suatu lembaga

b. alat memaksa dari aturan yang berlaku

c. alat kontrol dari norma hukum yang rendah terhadap norma hukum yang tinggi

d. sumber hukum yang tinggi

22. Undang-Undang Dasar Negara IndonesiaTahun 1945 bersifat singkat, artinya...

a. sudah sangat rinci

b. hanya untuk kalangan terbatas

c. hanya mengatur sebagian kecil tata kenegaraan di Indonesia

d. hanya mengatur hal-hal pokok sehingga perlu dijabarkan dalam peraturan perundang-undangan dibawahnya

23. Organisasi atau lembaga negara yang bertugas membuat peraturan perundang-undangan disebut...

a. Legislatif c. Yudikatif

b. Eksekutif d. Eksaminatif

24. Perhatikan gambar di bawah!


Sikap positif terhadap UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 salah satunya adalah kegiatan yang dilakukan

di ...


Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan VIII-PAS 3


a. lingkungan sekolah c. lingkungan masyarakat

b. lingkungan keluarga d. lingkungan berbangsa dan bernegara

25. Sikap positif terhadap amandemen UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dilingkungan masyarakat dapat

dilakukan dengan cara...

a. merusak gambar presiden dan wakil presiden

b. memaksakan pendapat dalam suatu rapat

c. mengikuti demo di jalanan

d. mengikuti kegiatan karang taruna

26. Berikut ini merupakan sikap kepatuhan warga negaraterhadap perundang-undangan , yang bukan adalah ...

a. membiasakan tertib lalu lintas c. melaksanakan wajib belajar dengan tepat

b. membuat kerusuhan di segala tempat d. membayar pajak bumi dan bangunan dengan tepat

27. Arti penting peraturan perundang-undangan bagi warga negara adalah ...

a. memberikan rasa keadilan bagi warga negara c. menghilangkan penyakit masyarakat

b. meringankan tugas polisi d. melindungi orang-orang yang berbuat kejahatan

28. Setiap peraturan perundang-undangan harus sesuai dengan kenyataan yang ada di dalam kehidupan masyarakat.

Landasan yang digunakan di dalam pernyataan tersebut adalah ...

a. Filosofis c. Yuridis

b. Sosiologis d. Normatif

29. Perhatikan gambar berikut !


Sikap yang mengedepankan rasa keadilan dan kepastiam hukum bagi warga negara pada gambar diatas

merupakan bagian dari...

a. makna peraturan perundang-undangan

b. asas peraturan perundang-undangan

c. fungsi peraturan perundang-undangan

d. kedudukan peraturan perundang-undangan.

30. Yang bukan merupakan asas-asas peraturan perundang-undangan nasional adalah ...

a. asas pengayoman c. asas kekeluargaan

b. asas kemanusiaan d. asas manfaat

31. Menurut UU No. 12 Tahun 2011,tata urutan peraturan perundang-undangan yang berada dibawah UUD 1945

adalah ...

a. Ketetapan MPR c. Peraturan presiden

b. Perppu d. Undang-undang

32. Prosedur untuk mengadakan perubahan UUD 1945 sesuai dengan pasal ...

a. Pasal 36 c. Pasal 38

b. Pasal 37 d. Pasal 39

33. Tata urutan perundang-undangan RI pertama kali diatur dalam ...

a. Tap MPR No. XX/MPRS/1966 c. Tap MPR No. III/MPR/2004

b. Tap MPR No. III/MPR/2000 d. UU No. 10 Tahun 2004

34. Peraturan yang digunakan untuk melaksanakan Undang-Undang Dasar 1945 adalah...

a. UUD 1945 c. Undang-undang

b. Ketetapan MPR d. Peraturan Pemerintah (PP)

35. Peraturan pemerintah pengganti undang-undang yang dikeluarkan presiden yang kemudian ditolak oleh DPR

harus...

a. dibiarkan c. dicabut

b. direvisi d. ditangguhkan

36. Perencanaan penyusunan yang memuat daftar judul dan pokok materi untuk menjalankan undang-undang

merupakan bagian dari proses ...

a. peraturan daerah c. peraturan Presiden

b. peraturan Pemerintah d. TAP MPR


37. Peraturan perundang-undangan yang ditetapkan oleh presiden untuk menjalankan perintah peraturan perundang-

undangan yang lebih tinggi di sebut...


a. peraturan Presiden c. keputusan Presiden

b. peraturan Pemerintah d. instruksi Presiden

38. Contoh peran serta siswa dalam mematuhi peraturan perundang-undangan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah

yaitu...

a. menaati tata tertib siswa c. suka mengalah dalam pergaulan

b. melaksanakan semua perintah guru d. melaksanakan piket setiap hari


Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan