Soal pilgan essay Seni Budaya Kelas 12 PAS/PAT + KUNCI
Soal pilgan Seni Budaya Kelas 12 PAS/PAT + KUNCI
Oke, untuk pilihan ganda (PG), berikut contoh soal dan jawabannya.
1. Keindahan terlihat dari objek yang dilihat adalah pandangan dari teori…. a. objektif b. otentik c. subjektif d. fanatik e. fonetik Jawaban: a
2. Berdasarkan teori subjektif, keindahan dapat terlihat berdasarkan… a. benda yang dilihat b. cara pandang terhadap suatu objek c. diri yang melihat benda tersebut d. teknik pembuatan benda tersebut e. tingkat kerumitan dari benda tersebut Jawaban: c
3. Prinsip dari penciptaan karya seni rupa disebut prinsip desain yang meliputi….. a. komposisi b. ekspresi c. kreativitas d. proporsi e. a, b, dan c benar Jawaban: e
4. Berikut ini yang tidak termasuk ke dalam bentuk-bentuk komposisi, yaitu…. a. bentuk sentral b. bentuk diagonal ekspresi c. bentuk ortogonal d. bentuk geometris e. bentuk horizontal Jawaban: c
5. Untuk menciptakan komposisi yang harmonis dalam pembuatan sebuah desain harus meliputi hal berikut ini, kecuali…. a. proposi b. keunikan c. keseimbangan d. kontras e. irama Jawaban: b
6. Gagasan atau ide yang baru atau belum pernah ada sebelumnya disebut…. a. proporsi b. ekspresi c. kreativitas d. kontras e. komposisi Jawaban: c
7. Seni rupa tradisional dilandasi pengaruh kuat dari…. a. tingkat pendidikan pembuatnya b. adat dan budaya masyarakat setempat c. tingkat ekonomi masyarakat setempat d. pola hubungan sosial masyarakat setempat e. aturan atau norma masyarakat setempat Jawaban: b
8. Berikut ni merupakan pembagian seni rupa pada zaman batu, kecuali…. a. zaman paleolithikum b. zaman meslithikum c. zaman perundagian d. zaman neolithikum e. zaman megalithikum Jawaban: c
9. Hasil karya seni rupa yang terbuat dari batu-batu kasar disebut zaman….. a. zaman paleolithikum b. zaman mesolithikum c. zaman perundagian d. zaman neolithikum e. zaman megalithikum Jawaban: a
10.Sarchopagus adalah hasil karya seni rupa pada zaman megalitikum yang berfungsi sebagai…. a. tempat menyimpan makanan b. tempat pemujaan c. tempat persembahan korban d. tempat penguburan mayat e. tempat memasak Jawaban: d
11. Menhir adalah benda hasil seni rupa yang terbuat dari batu berfungsi sebagai… a. tempat menyimpan makanan b. tempat pemujaan c. tempat memancangkan persembahan korban d. tempat penguburan mayat e. b dan c benar Jawaban: e
12. Pada zaman logam salah satu hasil karyanya yang berfungsi sebagai perlengkapan upacara meminta hujan dengan bentuk bejana besar dengna dihiasi motif binatang dan tumbuhan adalah… a. kapak perunggu b. bejana perunggu c. nekara d. benda perhiasan e. menhir Jawaban: c
13. Karya seni rupa yang merupakan peninggalan sejarah pada masa Hindu-Budha sebagian besar berupa… a. tempat ibadah b. perhiasan c. lukisan d. perlengkapan rumah tangga e. perlengkapan berburu Jawaban: a
14. Seni rupa modern Indonesia tidak lagi berupa simbol-simbol yang kaku akan tetapi sudah merupakan…. a. ekspresi seni yang bebas dari si pencipta b. ekspresi seni dari si konsumen c. daya kreasi dan imajinasi dari si pencipta d. kekakuan berpikir dari si pencipta e. a dan c benar Jawaban: e
15. Karya seni hias yang merupakan peninggalan yang terkenal dari zaman Islam adalah berupa…. a. masjid b. makam c. istana d. seni kaligrafi e. rumah adat Jawaban: d
16. Raden Saleh adalah pelukis besar Indonesia yang berguru pada seseorang yang berkebangsaan Belanda yang bernama…. a. Van de Houtman b. A.A.J. Payen c. Van den Bosch d. Rijkaard e. Cornelius Jawaban: b
17. Berikut ini yang bukan termasuk tokoh seniman pada masa Indonesia Jelita adalah…. a. Suharyo b. Soedjojono c. S. Tutur d. Abdullah Surio Subroto e. semua benar Jawaban: c
18. Periode Persagi diwarnai dengan munculnya gerakan untuk membangun seni rupa dengan menyertakan… a. semangat perjuangan b. semangat perubahan c. visi seni yang lebih mendalam d. pengalaman hidup sehari-hari e. nilai-nilai perjuangan rakyat Indonesia Jawaban: c
19. Periode Persagi menghendaki terwujudnya corak baru seni lukis Indonesia yang mempunyai…. a. nilai seni yang tinggi b. identitas, ciri khas, dan kepribadian bangsa Indonesia c. filosofis hidup yang mendalam d. ciri perubahan ke arah seni kontemporer e. apreasiasi yang besar dari masyarakat Indonesia Jawaban: b
20. Pada masa penjajahan Jepang, para seniman bergabung pada sebuah wadah organisasi pemuda yang bernama….. a. PETA b. Keibodan c. Seinendan d. Hideki e. Poetra Jawaban: e
Soal Seni Budaya Kelas 12 Semester 1
Berikut dibawah ini, soal seni budaya kurtilas kelas 12 semester 1 dilengkapi kunci jawaban dengan pertanyaan dimulai dari nomor 1.
1. Salah satu jenis karya seni rupa terapan adalah seni kriya yang disebut juga…. a. Desain b. Seni grafis c. Kerajinan tangan d. Arsitektur e. Keterampilan Jawaban : c
2. Unsur fisik seni rupa yang merupakan gabungan titik-titik yang bersambung, yaitu…. a. Warna b. Garis c. Volume d. Tekstur e.Bidang Jawaban : b
3. Berikut ini adalah unsur dasar seni rupa kecuali…. a. Titik b. Lukisan c. Garis d. Bidang e. Ruang Jawaban : b
4. Contoh karya seni visual dua dimensi yang bergerak, yaitu…. a. Relief b. Lukisan c. Film d. Foto e. patung Jawaban : c
5. Karya seni rupa dua dimensi masa prasejarah dan seni rupa dua dimensi tradisional merupakan jenis karya seni rupa dua dimensi berdasrkan…. a. Bahan b. Teknik pembuatan c. Perkembangannya d. Tujuan e. Fungsinya Jawaban : c
6. Berikut adalah contoh dari hasil karya seni rupa dua dimensi, yaitu…. a. Batik b. Patung c. Jambangan d. Guci e. Pot bunga Jawaban : a
7. Contoh seni rupa terapan adalah…. a. lukisan, kaligrafi b. Batik, vas bunga, poster c. kerajinan dari keramik d. patung, ukiran, seni kreografi e. mozaik, relief, seni fotografi Jawaban : b
8. Yang tidak termasuk fungsi khusus seni rupa dua dimensi adalah…. a. Rekreasi b. Komunikasi c. Religi d. Individual e. Edukasi Jawaban : d
9. Batik yang motifnya hanya di buat dengan hanya menggunakan tangan disebut…. a. Batik tulis b. Batik cap c. Batik pekalongan d. Batik ikat e. Batik Malaysia Jawaban : a
10. Seni rupa yang memiliki panjang dan lebar disebut…. a. Seni rupa 2 dimensi b. Seni rupa 3 dimensi c. Seni rupa murni d. Seni rupa terapan e. A dan b benar Jawaban : a
Soal Seni Budaya Kelas 12 dan Kunci Jawaban
Berikut dibawah ini, soal PAS seni budaya kelas 12 semester ganjil kurtilas edisi revisi dilengkapi kunci jawaban dengan pertanyaan dimulai dari nomor 1.
A. Berilah Tanda silang (x) Pada huruf a, b, c, d, atau e di depan jawaban yang tepat!
1. Karya seni rupa tiga dimensi berikut berdasarkan tekniknya adalah….
a. Kriya ukir b. Kriya kulit c. Kriya anyaman d. Kriya kayu e. Kriya pahat Jawaban : c
2. Pada umumnya tujuan pembuatan seni rupa terapan adalah untuk…. a. Meningkatkan skill/keahlian b. Guna kebutuhan praktis c. Untuk memuaskan perasaan d. Sebagai aksesoris perlengkapan e. Memberi kesan indah pada sebuah karya Jawaban : b
3. Jika dilihat dari tujuan pembuatannya, maka seni poster termasuk kedalam seni…. a. Desain b. Ilustrasi c. Lukis d. Pahat e. Gambar Jawaban : b
4. Dalam berkarya seni 2D maka bahan dan alat alternatif yang dapat digunakan ialah…. a. Kuas b. Cat air c. Cat minyak d. Palet e. Lidi Jawaban : a
5. Di bawah ini yang bukan termasuk seni 2D adalah…. a. Grafiti b. Kaligrafi c. Banner d. Relief e. Neon box Jawaban : e
6. Berdasarkan fungsi karya seni rupa tiga dimensi yang memiliki fungsi pakai disebut…. a. Seni rupa campuran b. Seni rupa murni c. Seni rupa terapan d. Seni rupa kriya e. Seni rupa desain Jawaban : c
7. Berikut ini yang termasuk tempo sedang yaitu…. a. Andante b. Allegro c. Enejik d. Largo e. Grave Jawaban : a
8. Nilai estetis sebuah karya seni rupa tidak hanya pada unsur-unsur fisik yang ditangkap oleh mata secara visual, tetapi ditentukan oleh selera penikmatnya, merupakan nilai estetis yang bersifat…. a. Distorsif b. Objektif c. Normatif d. Subjektif e. Sensitif Jawaban : b
9. Berikut ini langkah-langkah dalam mewujudkan karya seni rupa tiga dimensi: 1. Membuat sketsa 2. Memilih alat dan abhan 3. Mencari dan menemukan ide 4. Berkaya sebi rupa tiga dimensi Urut-urutan langkah yang benar adalah…. a. 3,2,4,1 b. 3,1,4,2 c. 1,2,3,4 d. 4,2,3,1 e. 3,1,2,4 Jawaban : e
10. Seseorang yang bertugas sebagai penghubung antara pemusik dengan penonton serta mengisi kekosongan waktu dan jeda dalam pagelaran musik sehingga situasi tetap terkendali disebut…. a. Panitia b. Penyanyi c. Master of ceremony d. Arranger e. Seksi dokumentasi Jawaban : c
11. Tinggi rendahnya nada dalam musik biasa disebut dengan…. a. Dinamika b. Harmoni c. Irama d. Melodi e. Ritme Jawaban : d
12. Banyak menggunakan nada sisipan dan lagunya sukar dinyanyikan merupakan ciri-ciri lagu…. a. Pop b. Keroncong c. Langgam d. Seriosa e. Dangdut Jawaban : d
13. Syair-syairnya terdiri dari beberapa kalimat, lagu-lagunya umumnya memiliki bentuk dan susunan yang sama merupakan ciri-ciri lagu dari…. a. Keroncong b. Pop c. Dangdut d. Seriosa e. Campur sari Jawaban : a
14. Tangga nada cenderung minor, melodi, dan harmoni sederhana merupakan ciri-ciri lagu dari…. a. Pop b. Seriosa c. Campur sari d. Keroncong e. Dangdut Jawaban : a
15. Munculnya band-band baru atau pencipta lagu yang semakin kretif merupakan salah satu peran musik kreasi sebagai media…. a. Upacara b. Apresiasi c. Ekspresi d. Pendidikan e. Hiburan Jawaban : c
16. Banyak lembaga yang berhubungan dengan musik, contohnya Purwacaraka, Bina vokalis merupakan salah satu peran dari media…. a. Ekspresi b. Komunikasi c. Apresiasi d. Hiburan e. Pendidikan Jawaban : d
17. Musik dangdut lahir dari perpaduan antara musik…. a. India dan Melayu b. Betawi dan Madura c. India dan Betawi d. Karawitan dan Melayu e. Melayu dan Betawi Jawaban : a
18. Membiasakan peserta pergelaran musik dengan suasana pagelaran merupakan tujuan diadakan…. a. Gladi bersih b. Pengepasan kostum c. Pengaturan panggung d. Latihan pagelaran e. Pagelaran musik Jawaban : a
19. Gambar dari karya seni rupa dua dimensi di bawah ini memiliki fungsi….
a. Ekspresi b. Pakai c. Hias d. Estetis e. Artistik Jawaban : e
20. Berikut ialah salah satu contoh seni rupa 2 dimensi…. a. Dompet b. Batik c. Sepatu d. Kalung e. Boneka Jawaban : b
Ditag contoh soal seni budaya kelas 12, contoh soal seni budaya kelas 12 semester 2, contoh soal seni budaya kelas 12 tentang seni rupa, kumpulan soal seni budaya kelas 12, soal dan jawaban seni budaya kelas 12 semester 1, soal essay seni budaya kelas 12 semester 1, soal hots seni budaya kelas 12, soal pilihan ganda seni budaya kelas 12 semester 1, soal pts seni budaya kelas 12 semester 1, soal seni budaya kelas 12 essay, soal seni budaya kelas 12 kurikulum 2013, soal seni budaya kelas 12 musik kontemporer, soal seni budaya kelas 12 semester 1, soal seni budaya kelas 12 semester 1 beserta jawabannya, soal seni budaya kelas 12 semester 1 dan jawabannya, soal seni budaya kelas 12 semester 1 kurikulum 2013, soal seni budaya kelas 12 semester 2, soal seni budaya kelas 12 semester 2 beserta jawabannya, soal seni budaya kelas 12 semester 2 kurikulum 2013, soal seni budaya kelas 12 tentang seni rupa 2 dimensi, soal uas seni budaya kelas 12, soal uas seni budaya kelas 12 semester 1 kurikulum 2013, soal ujian sekolah seni budaya kelas 12, soal ujian seni budaya kelas 12 semester 1, soal usbn seni budaya kelas 12
A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !
1. Keindahan terlihat dari objek yang dilihat adalah pandangan dari teori.... a. objektif b. otentik c. subjektif d. fanatik e. fonetik Jawaban: a
2. Berdasarkan teori subjektif, keindashan dapat terlihat berdasarkan... a. benda yang dilihat b. cara pandang terhadap suatu objek c. diri yang melihat benda tersebut d. teknik pembuatan benda tersebut e. tingkat kerumitan dari benda tersebut Jawaban: c
3. Prinsip dari penciptaan karya seni rupa disebut prinsip desain yang meliputi..... a. komposisi b. ekspresi c. kreativitas d. proporsi e. a, b, dan c benar Jawaban: e
4. Berikut ini yang tidak termasuk ke dalam bentuk-bentuk komposisi, yaitu.... a. bentuk sentral b. bentuk diagonal ekspresi c. bentuk ortogonal d. bentuk geometris e. bentuk horizontal Jawaban: c
5. Untuk menciptakan komposisi yang harmonis dalam pembuatan sebuah desain harus meliputi hal berikut ini, kecuali.... a. proposi b. keunikan c. keseimbangan d. kontras e. irama Jawaban: b
6. Gagasan atau ide yang baru atau belum pernah ada sebelumnya disebut.... a. proporsi b. ekspresi c. kreativitas d. kontras e. komposisi Jawaban: c
7. Seni rupa tradisional dilandasi pengaruh kuat dari.... a. tingkat pendidikan pembuatnya b. adat dan budaya masyarakat setempat c. tingkat ekonomi masyarakat setempat d. pola hubungan sosial masyarakat setempat e. aturan atau norma masyarakat setempat Jawaban: b
8. Berikut ni merupakan pembagian seni rupa pada zaman batu, kecuali.... a. zaman paleolithikum b. zaman meslithikum c. zaman perundagian d. zaman neolithikum e. zaman megalithikum Jawaban: c
9. Hasil karya seni rupa yang terbuat dari batu-batu kasar disebut zaman..... a. zaman paleolithikum b. zaman mesolithikum c. zaman perundagian d. zaman neolithikum e. zaman megalithikum Jawaban: a
10.Sarchopagus adalah hasil karya seni rupa pada zaman megalitikum yang berfungsi sebagai.... a. tempat menyimpan makanan b. tempat pemujaan c. tempat persembahan korban d. tempat penguburan mayat e. tempat memasak Jawaban: d
11. Menhir adalah benda hasil seni rupa yang terbuat dari batu berfungsi sebagai... a. tempat menyimpan makanan b. tempat pemujaan c. tempat memancangkan persembahan korban d. tempat penguburan mayat e. b dan c benar Jawaban: e
12. Pada zaman logam salah satu hasil karyanya yang berfungsi sebagai perlengkapan upacara meminta hujan dengan bentuk bejana besar dengna dihiasi motif binatang dan tumbuhan adalah... a. kapak perunggu b. bejana perunggu c. nekara d. benda perhiasan e. menhir Jawaban: c
13. Karya seni rupa yang merupakan peninggalan sejarah pada masa Hindu-Budha sebagian besar berupa... a. tempat ibadah b. perhiasan c. lukisan d. perlengkapan rumah tangga e. perlengkapan berburu Jawaban: a
14. Seni rupa modern Indonesia tidak lagi berupa simbol-simbol yang kaku akan tetapi sudah merupakan.... a. ekspresi seni yang bebas dari si pencipta b. ekspresi seni dari si konsumen c. daya kreasi dan imajinasi dari si pencipta d. kekakuan berpikir dari si pencipta e. a dan c benar Jawaban: e
15. Karya seni hias yang merupakan peninggalan yang terkenal dari zaman Islam adalah berupa.... a. masjid b. makam c. istana d. seni kaligrafi e. rumah adat Jawaban: d
16. Raden Saleh adalah pelukis besar Indonesia yang berguru pada seseorang yang berkebangsaan Belanda yang bernama.... a. Van de Houtman b. A.A.J. Payen c. Van den Bosch d. Rijkaard e. Cornelius Jawaban: b
17. Berikut ini yang bukan termasuk tokoh seniman pada masa Indonesia Jelita adalah.... a. Suharyo b. Soedjojono c. S. Tutur d. Abdullah Surio Subroto e. semua benar Jawaban: c
18. Periode Persagi diwarnai dengan munculnya gerakan untuk membangun seni rupa dengan menyertakan... a. semangat perjuangan b. semangat perubahan c. visi seni yang lebih mendalam d. pengalaman hidup sehari-hari e. nilai-nilai perjuangan rakyat Indonesia Jawaban: c
19. Periode Persagi menghendaki terwujudnya corak baru seni lukis Indonesia yang mempunyai.... a. nilai seni yang tinggi b. identitas, ciri khas, dan kepribadian bangsa Indonesia c. filosofis hidup yang mendalam d. ciri perubahan ke arah seni kontemporer e. apreasiasi yang besar dari masyarakat Indonesia Jawaban: b
20. Pada masa penjajahan Jepang, para seniman bergabung pada sebuah wadah organisasi pemuda yang bernama..... a. PETA b. Keibodan c. Seinendan d. Hideki e. Poetra Jawaban: e
21. Berikut adalah contoh dari hasil karya seni rupa dua dimensi, yaitu.... a. batik b. patung c. jambangan d. guci e. pot bunga Jawaban: a
22. Berikut ini macam-macam simpul pada makrame, kecuali simpul.... a. mati b. kombinasi c. kait d. kembar e. tali Jawaban: e
23. Dalam membuat sebuah miniatur rumah atau bangunan yang menjadi bahan utamanya adalah.... a. lem b. kertas karton c. tripleks d. bubur kertas e. benang Jawaban: b
24. Jenis kayu yang dapat digunakan dalam membuat landasan sebuah bangunan miniatur adalah jenis kayu yang.... a. halus b. permukaannya kasar c. tidak mudah melengkung d. ringan dibawa e. mudah dibersihkan Jawaban: c
25. Apabila media yang digunakan terbuat dari mika, maka lem yang cocok digunakan sebagai perekat adalah.... a. lem kertas b. lem kayu c. lem silikon/silen d. lem sagu e. lem tikus Jawaban: c
26. Pameran hasil karya seni rupa terapan diperlukan sebagai.... a. ajang bertukar pikiran b. kompetesi dengan produk lainnya c. menjajaki pasar d. memperkenalkan dan memasarkan hasil karya e. menunjukkan keterampilan yang dimiliki Jawaban: d
27. Dalam membuat sebuah pameran yang pertama kali harus dilakukan adalah membuat.... a. anggaran dana b. undangan untuk pengunjung c. surat perizinan d. perencanaan dalam bentuk proposal e. proses evaluasi kegiatan Jawaban: d
28. Rencana sebuah kegiatan pameran biasanya berisi, kecuali..... a. latar belakang b. waktu dan tempat pelaksanaan c. bentuk kegiatan d. perencanaan kegiatan e. proses pembuatan hasil karya terapan yang dipamerkan Jawaban: d
29. Untuk memajang karya seni kriya yang berbentuk dua dimensi dapat kita letakkan di.... a. meja b. box c. kursi d. sketsel e. podium Jawaban: d
30. Jenis benda yang termasuk ke dalam karya tiga dimensi adalah.... a. lukisan b. mozaik c. kartun d. patung e. karikatur Jawaban: d
31. Miniatur rumah termasuk hasil karya seni rupa terapan dalam bentuk.... a. satu dimensi b. dua dimensi c. tiga dimensi d. berdimensi ruang e. tidak berdimensi Jawaban: c
32. Proses cetak dalam seni grafis yang menggunakan klise sehingga hasilnya menjeluk/dalam disebut cetak.... a. datar b. saring c. dalam d. tinggi e. a dan b benar Jawaban: c
33. Membuat karya seni rupa terapan dengan menggunakan bahan tali-temali yang dibuat simpul adalah.... a. aplikasi b. makrame c. batik d. tenun e. anyaman Jawaban: b
34. Miniatur atau maket bangunan yang biasa digunakan oleh perusahaan properti dalam pameran adalah contoh dari hasil karya seni terapan proyeksi.... a. ortogonal b. vertikal c. horizontal d. diagonal e. pentagonal Jawaban: a
35. Berikut ini yang termasuk hasil karya seni kriya yang dibuat dengan teknik makrame, kecuali.... a. maket rumah/bangunan b. gantungan pot c. tirai d. tas e. ikat pinggang Jawaban: a
36. Benda yang digunakan untuk menggantungkan karya kriya yang perlu penataan khusus dinamakan.... a. box b. meja c. sketsel d. kawat e. paku Jawaban: d
37. Patung dibuat dalam bentuk yang kecil disebut.... a. miniatur b. cenderamata c. hiasan d. ukiran e. hadiah Jawaban: a
38. Di bawah ini yang termasuk benda hasil karya seni tiga dimensi adalah..... a. lukisan b. foto c. relief d. patung e. gambar Jawaban: d
39. Penataan ruang bagian luar dinamakan.... a. interior b. eksterior c. proyeksi d. desain e. makrame Jawaban: b
40. Berikut ini yang termasuk produk makrame, yaitu.... a. sketsel b. gantungan pot c. patung d. maket rumah e. anyaman Jawaban: b
41. Permainan musik accordion di Prancis berfungsi sebagai..... a. upacara keagamaan b. upacara perkawinan c. pengiring dansa d. pesta kemenangan perang e. pesta panen raya Jawaban: c
42. Berikut ini yang bukan termasuk ciri karya musik dari sekolah musik Romawi adalah.... a. bersifat rohani b. menggabungkan polifoni Belanda dan melodis Italia c. bergaya acapella d. ritmik tenang mengalir e. irama menghentak-hentak Jawaban: e
43. Di bawah ini yang dimaksud dengan musik instrumental adalah musik yang.... a. mengiringi lagu-lagu rohani b. dimainkan dengan nada-nada tinggi c. bergaya acapella
d. ritmik tenang mengalir e. irama menghentak-hentak Jawaban: c
44. penemu sistem not solmisasi dan penulisan nada pada not balok adalah.... a. Johan Sebastian Bach b. Guido van Arezzo c. Franz Joseph Hayden d. Ludwig van Beethoven e. Bola Bartok Jawaban: b
45. Unsur estetis dari sebuah karya musik dapat kita lihat, salah satunya dari unsur utama atau pokok yang menghidupkan musik, yaitu.... a. tempo b. irama c. dinamik d. gaya e. biaya Jawaban: b
46. Unsur pendukung sebuah karya musik salah satunya adalah.... a. tempo b. irama c. bunyi d. melodi e. harmoni Jawaban: a
47. Berikut ini yang tidak termasuk alat musik ritmis adalah.... a. gendang b. gong c. gitar d. simbal e. tambur Jawaban: c
48. Musik mempunyai terapi rekreasif menurut.... a. John Lennon b. Paul Mc C c. G. Harrison d. Aristoteles e. Ringo Starr Jawaban: d
49. Alat musik tiup yang terbuat dari bambu bernama.... a. klarinet b. saxophon c. trombhone d. suling e. bassoon Jawaban: d
50. Sebuah lagu dapat dikatakan baik apabila memenuhi sembilan elemen seperti di bawah ini, kecuali.... a. bentuk b. nuansa c. sejarah d. isi e. harmoni Jawaban: c
51.Musik merupakan sebuah cetusan perasaan dan gagasan yang diwujudkan dalam bentuk.... a. suara b. vokal c. instrumentalia d. nada e. a, b, c benar Jawaban: e
52. Gitar listrik, organ, akordeon merupakan alat musik..... a. gesek b. petik c. tiup d. modern e. pukul Jawaban: d
53. Panjang pendeknya nada dalam permainan musik disebut.... a. nada b. tempo c. birama d. melodi e. irama Jawaban: e
54. Gaya bahasa yang digunakan dalam lagu “Namaku Bento” yang dinyanyikan Iwan Fals adalah termasuk gaya bahasa... a. metafora b. personifikasi c. ironi d. alegori e. hiperbola Jawaban: c
55. Dalam membuat sebuah lagu salah satu hal yang harus kita perhatikan adalah mengatur tinggi rendahnya nada atau sering disebut... a. melodi b. harmoni c. counterpoint d. irama e. birama Jawaban: a
56. Suara dua not atau lebih yang dimainkan sekaligus disebut.... a. melodi b. harmoni c. counterpoint d. irama e. birama Jawaban: b
57.
Nilai not dari kedua bentuk not yang digabungkan di atas adalah.... a. ½ b. ¼ c. 1/8 d. 1 e. 2 Jawaban: a
58.
Jumlah ketukan dari gambar tanda diam di atas adalah.... a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 e. 5 Jawaban: b
59. Tempat untuk menuliskan not balok yang terdiri dari lima garis sejajar dengan jarak yang sama disebut..... a. birama b. paranada c. trinada d. irama e. melodi Jawaban: b
60. Tanda yang digunakan untuk merubah tinggi rendahnya nada disebut tanda.... a. birama b. paranada c. kromatis d. melodi e. notasi Jawaban: c
Latihan Soal Materi Seni Budaya Kelas 12 SMA/ SMK Semester 2 Bab 11 Musik Kreasi
4. Ciptaan, penciptaan, dan atau hasil daya cipta dikenal sebagai ....
A. karsa
B. kreasi
C. daya
D. rasa
E. cipta
5. Seseorang dapat disebut memiliki kreativitas apabila seseorang tersebut dapat menghasilkan sesuatu yang .....
A. asli
B. asli dan unik
C. bermanfaat
D. asli dan bermanfaat
E. asli, unik dan bermanfaat
6. Prestasi kreatif di bidang keilmuan menuntut prasyarat yang harus dipenuhi, salah satunya adalah sebagai berikut ini, kecuali ....
A. kemampuan intelektual yang memadai
B. motivasi
C. komitmen untuk mencapai keunggulan
D. penguasaan terhadap bidang ilmu yang ditekuni
E. lingkungan yang mendukung
7. Perseptual merupakan salah satu perilaku kreatif yang relevan dengan pendidikan seni musik yang mencakup sikap ....
A. melihat, mengamati, dan mengenali lingkungannya
B. memahami bahasa tentang ungkapan seni musik, memahami seniman dan dunia seninya
C. sikap belajar karena pernah mengalami dan belajar menghayati
D. mengklasifikasikan, mendeskripsikan, menjelaskan, dan menginterprestasikan seni musik
E. mengkritisi, mengungkapkan, dan memprediksi karya musik
8. Pemahaman merupakan salah satu perilaku kreatif yang relevan dengan pendidikan seni musik yang mencakup sikap ....
A. melihat, mengamati, dan mengenali lingkungannya
B. memahami bahasa tentang ungkapan seni musik, memahami seniman dan dunia seninya
C. sikap belajar karena pernah mengalami dan belajar menghayati
D. mengklasifikasikan, mendeskripsikan, menjelaskan, dan menginterprestasikan seni musik
E. mengkritisi, mengungkapkan, dan memprediksi karya musik
9. Responsif merupakan salah satu perilaku kreatif yang relevan dengan pendidikan seni musik yang mencakup sikap ....
A. melihat, mengamati, dan mengenali lingkungannya
B. memahami bahasa tentang ungkapan seni musik, memahami seniman dan dunia seninya
C. sikap belajar karena pernah mengalami dan belajar menghayati
D. mengklasifikasikan, mendeskripsikan, menjelaskan, dan menginterprestasikan seni musik
E. mengkritisi, mengungkapkan, dan memprediksi karya musik
10. Analitik merupakan salah satu perilaku kreatif yang relevan dengan pendidikan seni musik yang mencakup sikap ....
A. melihat, mengamati, dan mengenali lingkungannya
B. memahami bahasa tentang ungkapan seni musik, memahami seniman dan dunia seninya
C. sikap belajar karena pernah mengalami dan belajar menghayati
D. mengklasifikasikan, mendeskripsikan, menjelaskan, dan menginterprestasikan seni musik
E. mengkritisi, mengungkapkan, dan memprediksi karya musik
11. Mengevaluasi merupakan salah satu perilaku kreatif yang relevan dengan pendidikan seni musik yang mencakup sikap ....
A. melihat, mengamati, dan mengenali lingkungannya
B. memahami bahasa tentang ungkapan seni musik, memahami seniman dan dunia seninya
C. sikap belajar karena pernah mengalami dan belajar menghayati
D. mengklasifikasikan, mendeskripsikan, menjelaskan, dan menginterprestasikan seni musik
E. mengkritisi, mengungkapkan, dan memprediksi karya musik
12. Eksekusi merupakan salah satu perilaku kreatif yang relevan dengan pendidikan seni musik yang mencakup sikap ....
A. melihat, mengamati, dan mengenali lingkungannya
B. memahami bahasa tentang ungkapan seni musik, memahami seniman dan dunia seninya
C. mengembangkan kreativitas, mensintesiskan, belajar menggunakan alat dan media ungkap dalam berolah musik, serta membuat dan menyajikan karya seni musik
D. penilaian sebuah karya musik
E. mengkritisi, mengungkapkan, dan memprediksi karya musik
13. Penyusunan suatu karya musik baik dalam bentuk lagu maupun instrumen yang diciptakan dalam bentuk tertulis dan bersifat abadi untuk diperdengarkan, diedarkan, dinilai, dan diapresiasi masyarakat disebut dengan ....
A. komposisi
B. improvisasi
C. aransemen
D. artikulasi
E. refleksi
14. Penciptaan musik yang tidak tertulis dan tidak bersifat abadi karena tidak dapat diulang kembali dalam bentuk serta intensitas yang sama disebut ....
A. komposisi
B. improvisasi
C. aransemen
D. artikulasi
E. refleksi
15. Suatu hasil karya dari teknik menyusun, mengatur, merangkai, dan menata kembali suatu karya musik baik berupa lagu maupun instrumental sehingga menjadi lebih indah, artistik, dan representatif dibanding bentuk aslinya disebut ....
A. komposisi
B. improvisasi
C. aransemen
D. artikulasi
E. refleksi
A. Pilihlah huruf a, b, c, d, atau e pada jawaban yang benar dan kerjakan dengan jujur dan mandiri!
1. Kata “appreciation” berasal dari bahasa…
a. Belanda b. Inggris c. Yunani d. Italia e. Jepang Jawaban: b
2. Tari Farapeirra berasal dari…. a. Portugis b. Prancis c. Spanyol d. inggris e. Belanda Jawaban: a
3. Balet termasuk salah satu contoh tari… a. kontemporer b. klasik c. nasional d. nusantara e. internasional Jawaban: e
4. Kata “appreciatie” berasal dari bahasa…. a. Inggris b. Belanda c. Yunani d. Italia e. Indonesia Jawaban: b
5. Sebuah tarian yang masih bersifat sesaat atau sedang proses dikenalkan pada masyarakat disebut tari….. a. daerah b.mancanegara c. klasik d. kontemporel e. nasionall Jawaban: d
6. Puncak-puncak seni tari daerah lain atau kreasi baru yang bernapaskan nasional disebut tari…. a. mancanegara b. nasional c. klasik d. daerah e. internasional Jawaban: b
7. tari yang dibawakan secara berpasangan, dapat sesame jenis atau berlawanan jenis dengan penari yag berjumlah genap dan melakukan gerakan berpasangan disebut…. a. individu b. bebas c. ganda d. berpasangan e. berkelompok Jawaban: d
8. Tari yang dibawakan secara berkelompok dengan jumlah penari tidak harus genap disebut tari… a. berkelompok b. berpasangan c. ganda d. tunggal e. bebas Jawaban: a
9. Jenis tari yang diperagakan oleh seorang penari disebut tari…. a. berpasangan b. bebas c. tunggal d. ganda e. kelompok Jawaban: c
10. Suatu jenis tari dunia yang lahir di amerika, kemudian berkembang ke negara-negara lain disebut tari…. a. klasik b. modern c. nasional d. internasional e. rakyat Jawaban: b
11. Tari Cha-cha contoh tari…. a. berpasangan b. kelompok c. tunggal d. bebas e. individu Jawaban: a
12. Tari odhisi termasuk contoh tari… a. klasik b. berpasangan c. kelompok d. tunggal e. nusantara Jawaban: d
13. Tari sema Cheoyongmu termasuk contoh tari…. a. berkelompok b. berpasangan c. tunggal d. nusantara e. individu Jawaban: a
14. Tarian yang tumbuh dan berkembang di luar Indonesia disebut tari…. a. daerah b. mancanegara c. klasik d. kontemporer e. nasional Jawaban: b
15. Tari mancanegara dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tari tunggal, tari berpasangan, dan tari berkelompok berdasarkan… a. jumlah penarinya b. konsepnya c. jumlah penontonnya d. keunikannya e. keindahannya Jawaban: a
16. Tarian yang tidak berpijak pada pola tradisi dan aturan yang sudah baku disebut tari…. a. tradisional b. istana c. klasik d. nontradisional e. mancanegara Jawaban: d
17. Bagian-bagian dari cerita yang kemudian dinamakan sebagai adegan disebut…. a. tema b. subtema c. lakon d. alur e. sudut pandang Jawaban: b
18. Tindakan yang akan kita lakukan secara tertulis disebut…. a. rencana kegiatan b. susunan acara c. proposal d. laporan e. gladi bersih Jawaban: a
19. Berikut yang tidak termasuk manfaat langsung pergelaran tari adlaah sarana… a. pengembangan bakat b. apresiasi c. komunikasi d. berekspresi e. sumber dana Jawaban: e
20. Manfaat tidaklangsung pergelaran tari adalah sarana…. a. penghalus budi pekerti b. pengembangan bakat c. berekspresi d. komunikasi e. apresiasi Jawaban: a
21. Suatu proses untuk menetapkan apa yang akan dicapai dan bagaimana mencapainya disebut…. a. pengklasifikasikan b. pengorganisasian c. pengevaluasian d. perencanaan e. pendahuluan Jawaban: d
22. Bagian spesifikasi dalam rangkaian proses kreasi yang dapat diterjemahkan ke dalam gerak-gerak berstruktur disebut…. a. motif b. garis c. gambar d. desain e. kombinasi Jawaban: a
23. tari yang diciptakan dengan dasar tarian yag sudah ada sebelumnya disebut tari…. a. tradisional b. kresi c. nontradisional d. adat e. daerah Jawaban: b
24. Berikut hal yang tidak perlu dilakukan sebelum menyusun kreasi tarian adalah…. a. kostum b. pengiring c. musik d. gerakan e. imitasi gerakan Jawaban: e
25. Bussiness manager langsung dpaat berkordinasi dengan masing-masing seksi dengan sepengetahuan atau bersama-sama dengan…. a. ketua b. sekertaris c. bendahara d. seksi e. pemerintah Jawaban: a
26. Suatu wadah bekerja sama untuk mencapai tujuan yang akan dicapai disebut…. a. tragedy b. apresiasi c. komunikasi d. organisasi e. lembaga Jawaban: d
27. Totalitas kegiatan meliputi pengamatan, penghayatan, penilaian, dan penghargaan terhadap sesuatu disebut…. a. tragedi b. aprsiasi c. komunikasi d. organisasi e. lembaga Jawaban: b
28. Berikut hal yang harus diperhatikan sebelum emmbuat perencanaa tertulis, kecuali…. a. menentukan tema prgelaran b. menentukan tempat pergelaran c. menentukan rencana kegiatan d. menyusun program pergelaran e. menyusun program sumbangan Jawaban: e
29. Suatu proses penyampaian pesan kepda orang lain secara timbal balik sehingga timbul kesepahaman antara pengirim pesan dan penerima pesan disebut…. a. tragedy b. apresiasi c. komunikasi d. organisasi e. lembaga Jawaban: c
30. Sarana yang diharapkan dapat memberi kejelasan kepada penonton (pembaca) mengenai isi tarian yang hendak disajikan adalah…. a. sinopsis b. organisasi c. komunikasi d. panil e. katalog Jawaban: a
31. Keindahan yang dinikmat manusia dari keindahan susunan suara-suara, musik itu sendiri sebagai organisme yang hidup, slah satunya yaitu keindahan… a. gerak b. stimulus c. tangga nada d. melodi e. karya Jawaban: d
32. Kenikmatan waktu kita meresapkan keindahan dari emosi yang terbawa oleh susunan nada-nada dalam musik tersebut yang menimbulkan rasa…. a. sedih b. haru c. gembira d. berduka cita e. membosankan Jawaban: b
33. Suatu kegiatan seseorang di dalam menilai atau menghargai karya seni disebut…. a. apresiasi b. komunikasi c. akulturasi d. katalogisasi e. dramatiasi Jawaban: a
34. Pengaturan irama yang baik akan menghasilkan hal-hal berikut, kecuali…. Musik a. karakter b. keunikan c. ciri khas d. perbedaan e. kesamaan Jawaban: e
35. Di India, digunakan dalam upacara agama…. a. Hindu b. Islam c. Kristen d. Katolik e. Budha Jawaban: a
36. Berikut yang bukan termasuk dalam penataan ruang pergelaran adalah ruang…. a. penonton b. ganti c. transit d. konsumsi e. tunggu Jawaban: e
37. Hal-hal yang perlu dimasukkan dalam rancangan acara yaitu sebagai berikut, kecuali…. a. durasi b. pola acara c. tambahan acara d. puncak acara e. variasi acara Jawaban: c
38. Gerak nada yang teratur mengalir karena munculnya aksen tetap disebut…. a. ritme b. nada c. irama d. birama e. harmoni Jawaban: a
39. Naik turunnya nada yang ditanggapi berdasarkan perbedaan tinggi rendahnya nada disebut…. a. ritme b. birama c. irama d. melodi e. tangga nada Jawaban: d
40. Bunyi yang mempunyai getaran teratur tiap detik dengan sifat tinggi, panjang, keras, lembut dan warna yang berbeda disebut…. a. birama b. nada c. ritme d. tangga nada e. irama Jawaban: b
41. Suatu tanda untuk menunjukkan jumlah ketukan dalam satu ruas birama disebut…. a. birama b. tangga nada c. ritme d. harmoni e. nada Jawaban: a
42. Hal yang berhubungan dengan keselarasan perpaduan bunyi disebut…. a. nada b. ritme c. irama d. tangga nada e. harmoni Jawaban: e
43. Urutan nada yang disusun secara berjenjang disebut…. a.irama b. ritme c. tangga nada d. nada e. harmoni Jawaban: c
44. Apresiasi yang sudah dalam tingkat penganalisaan disebut apresiasi…. a. empatik b. simpatik c. ktiris d. estetis e. eksploratif Jawaban: c
45. Apresiasi tentang keindahan dan mempunyai penilaian tentang keindahan karya seni disebut apresiasi…. a. empatik b. simpatik c. ktiris d. estetis e. eksploratif Jawaban: d
46. Apresiasi yang hanya menilai baik dan kurang baiknya sebuah karya seni berdasarkan penglihatan mata saja disebut apresiasi…. a. empatik b. simpatik c. ktiris d. estetis e. eksploratif Jawaban: a
47. Berikut istilah-istilah dalam nada, kecuali…. a. melodi b. ritme c. birama d. tangga nada e. kritis Jawaban: e
48. Berikut tingkatan apresiasi yang benar adalah…. a. empatik, estetis, dan kritis b. estetis, kritis, dan empatik c. kritis, empatik, dan estetis d. empatik dan kritis e. kritis dan estetis Jawaban: a
49. Ketika akan dapat menilai suatu lagu atau karya musik apabila kita mengerti benar-benar tentang lagu secara keseluruhan, yaitu sebagai berikut, kecuali…. a. melodi b. harmoni c. ritme d. birama e. estetika Jawaban: e
50. Subtansi dasar dari musik adalah bunyi yang unsurnya disebut…. a. nada b. irama c. birama d. wirasa e. wicara Jawaban: a
51. Kamin gura adalah musik upacara yang terdapat di negara….
a. Jepang b. Cina c. Korea d. Belanda e. Thailand Jawaban: a
52. Di dalam kehidupan masyarakat tidak dapat mengelak dari musik dan…. a. membuat pertunjukkan musik b. membuat musik c. mendengarkan ceramah d. mendengarkan musik e. melihat musik Jawaban: e
53. Kenikmatan masyarakat dalam mendengarkan musik beranekaramana…. a. sifat b. karya c. bentuk d. harga e. suara Jawaban: a
54. Tema yang disampaikan dalam pergelaran musik harus sesuai dengan…. a. dananya b. harganya c. sumbangannya d. naskahnya e. misinya Jawaban: e
55. Setting panggung memiliki arti… a. dekorasi panggung b. susunan pnggung c. penyewaan panggung d. penataan panggung e. pengertian panggung Jawaban: d
56. Musik tradisional selalu dipertahankan oleh masyarakay karena… a. nilai musik yang tinggi b. harga musik yang tinggi c. sulitnya menemukan gagasan d. sulitnya teknik pembuatan musik e. banyaknya aliran musik yang ada Jawaban: a
57. Pada umumnya, musik tradisional menjadi milik…. a. individu b. masyarakat elit c. masyarakat bersama d. kaum bangsawan e. pemerintahan saja Jawaban: c
58. Tidak diketahui siapa pencipta dari musik tradisi baik yang berupa musik instrumental maupun vocal adalah salah satu ciri musik…. a. tradisional b. modern c. klasik d. jazz e. pop Jawaban: a
59. Musik tradisional dengan kesederhanaannya merupakan…. a. karya sendiri b. perkembangan zaman c. karya modern d. karya baru e. warisan leluhur Jawaban: e
60. Kenikmatan masyarakat dalam mendengarkan musik beranekaragaman sifatnya, namun kenikmatan musik secara umum bagi setiap manusia ada …. Macam. a. Satu b. dua c. tiga d. empat e. lima Jawaban: b
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar dan secara mandiri!
61. Apa yang dimaksud musik? Jawaban: musik adalah ilmu atau seni menyusun nada atau suara diutarakan, kombinasi dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai keseimbangan dan kesatuan, nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengundang irama, lagu dan keharmonisan (terutama yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi).
62. Apa yang dimaksud musik tradisional mancanegara? Jawaban: musik tradisional mancanegara adalah musik yang dipengaruhi oleh adat, tradisi, dan budaya masyarakat setempat dalam suatu negara.
63. Musik adalah ilmu atau seni menyusun… Jawaban: nada atau suara
64. Musik berdasarkan jenis atau alirannya terbagi menjadi …. Macam, Jawaban: dua
65. Di prancis, permainan musik accordion berfungsi sebagai pengiring…. Jawaban: dansa
66. Di Irlandia dan Eropa Timur, masyarakat tradisional dengan bersemangat memainkan alat musik biola sebagai hiburan atau acara… Jawaban: pesta
67.Suara musik memiliki kekuatan otonomi yang langsung menyentuh pendengarnya secara fisik dan…. Jawaban: psikologi
68. Fungsi musik tradisional di Afrika Selatan dikenal dengan alat musik…. Jawaban: terompet tradisional
69. Pada umumnya alat musik tradisional digunakan untuk mengiringi… Jawaban: tarian
70. Elemen musik yang paling besar adalah… Jawaban: bunyi (suara)
71. Sebutkan musik tradisional mancanegara menggambarkan … yang di anut. Jawaban: kebudayaan
72. Musik tradisional mancanegara memiliki ciri khas, karakter, dan …. Sendiri. Jawaban: keunikan
73. Sebutan dua macam musik berdasarkan jenis atau alirannya! Jawaban: musik berdasarkan jenis atau alirannya terbagi menjadi dua macam yaitu musik tradisional dan musik modern (nontradisional).
74. Sebutkan musik tradisi di Eropa! Jawaban: di eropa musik tradisinya ialah musik klasik, musik jazz, musik blues, musik country, musik ska, dan musik reggae.
75. Apa yang tergambar dalam musik tradisional mancanegara? Jawaban: sebuah musik tradisional mancanegara menggambarkan kebudayaan yang dianut. Musik tradisional mancanegara memiliki ciri khas, karakter, dan keunikan sendiri.
76. Jelaskan peran musik tradisional mancanegara secara umum! Jawaban: musik tradisional mancanegara umumnya berperan dalam acara keagamaan, acara pesta panen, atau acara perhelatan perkawinan.
77. Bagaimanakah suara musik yang baik? Jawaban: suara musik yang baik adalah hasil interaksi dari tiga elemen yaitu irama, melodi, dan harmoni.
78. Apa yang dimaksud irama? Jawaban: irama adalah pengaturan suara dalam satu waktu, pendek, panjang, dan temponya.
79. Sebutkan unsur-unsur estetis sebuah musik! Jawaban: unsur-unsur estetis musik meliputi, buny, irama, melodi, birama, harmoni dan tekstur.
80. Bagaimanakah musik yang baik? Jawaban: musik yang baik adalah musik yang dapat berfungsi sebagai alat pemurni rasa jiwa, dan rohani manusia.
81. Ruang pergelaran adalah ruangan atau tempat di mana kegiatan pergelaran tersebut akan…. Jawaban: dilaksanakan
82. Dekorasi harus disesuaikan dengan tema dan…. Jawaban: tempat kegiatan pergelaran
83. Langkah pertama yang harus di lakukan sebelum pelaksanaan kegiatan pergelaran adalah… Jawaban: membuat perencanaan
84. Pergelaran musik adalah kegiatan mempertunjukkan karya seni musik kepada orang lain (masyarakat umum) untuk mendapatkan tanggapan dan…. Jawaban: penilaian
85. Evaluasi dapat berupa evaluasi proses maupun evaluasi…. Jawaban: hasil
86. Setelah kegiatan pergelaran selesai dilaksanakan, biasanya diadakan… Jawaban: evaluasi
87. Suatu kegiatan yang dilaksanakan, sudah tentu mempunyai maksud dan tujuan yang ingin…. Jawaban: dicapai
88. Dalam organisasi bagian yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan dan tidak bisa…. Jawaban: dipisahkan
89. Alat atau perlengkapan yang mendukung dekorasi haruslah dapat menerminkan…. Jawaban: tema pergelaran
90. Untuk menentukan jenis musik yang ditampilkan, tidak bisa lepas dari …. Yang telah ditetapkan. Jawaban: tema
91. Sebutkan fungsi pergelaran seni musik! Jawaban: pergelaran seni musik memiliki beberapa fungsi, antara lain media pengembangan bakat, media komunikasi, media ekspresi diri, dan media apresiasi.
92. Apa yang anda ketahui tentang pencahayaan dalam pergelaran musik? Jawaban: pencahayaan merupakan faktor pendukung yang sangat penting untuk keberhasilan dalam pelaksanaan pergelaran seni musik, terlabih lagi apabila pelaksanaan pergelaran musik tersebut dilaksanakan pada malam hari. Dengan tata lampu (lighting) yang baik, maka pergelaran musik tersebut akan tampak lebih semarak dan hidup.
93. Apa hubungan antara sound system dengan pergelaran musik? Jawaban: Sound system merupakan faktor pendukung yang tidak kalah pentingnya dalam sebuah pergelaran. Dengan tata suara yang baik dan memadai pergelaran tersebut akan nyaman untuk dinikmati.
94. Sebutkan fungsi perencanaaan? Jawaban: adapun fungsi perencanaan dalam kegiatan pergelaran seni musik, yaitu sebagai berikut. a. sebagai langkah awal yang dilakukan panitia b. sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan c. sebagai kendali dalam menciptakan suasana kerja yang efektif danefisien. d. sebagai tolok ukur dalam mengevaluasi kegiatan.
95. Jelaskan manfaat evaluasi! Jawaban: evaluasi memiliki manfaat sebagai berikut: a. memberikan umpan baik bagi panitia maupun pihak lain. b. sebagai tolok ukur atas keberhasilan suatu kegiatan
96. Apa yang dimaksud organisasi? Jawaban: organisasi yaitu sekumpulan orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
97. Apa yang dimaksud pergelaran musik? Jawaban: pergelaran musik adalah kegiatan mempertunjukkan karya seni musik kepada orang lain (masyarakat umum) untuk mendapatkan tanggapan dan penilaian.
98. Sebutkan dua tujuan pergelaran musik berdasarkan subjek pengisi dan penonton kegiatannya! Jawaban: berdasarkan subjek pengisi dan penonton kegiatan, ada dua tujuan yang terkandung di dalam kegiatan pergelaran tersebut, yaitu sebagai berikut: a. tujuan makro b. tujuan mikro
99. Jelaskan tujuan evaluasi! Jawaban: evalusi dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui berbagai hambatan yang dihadapi oleh setiap seksi, cara mengatasi persoalan-persoalan yang ada, serta mengetahui keadaan keuangan yang ada, serta mengetahui keadaan keuangan pada kegiatan yang dilaksanakan.
100. Apa yang dimaksud pergelaran? Jawaban: pergelaran adalah suatu kegiatan mempertunjukkan sesuatu (hasil karya) kepada masyarakat umum untuk mendapatkan tanggapan atau penilaian
1. Jelaskan fungsi musik dalam iringan tari!
Jawaban: Musik iringan tari memiliki fungsi antara lain. a. Sebagai iringan gerakan, Musik iringan tari sebagai iringan gerakan memiliki arti bahwa ritme musik sesuai dengan ritme gerakan tidak sama b. Sebagai ilustrasi, musik iringan tari sebagai ilustrasi mengandung arti bahwa musik dapat menggambarkan suasana yang sedang terjadi dalam sebuah tarian c. Sebagai pembangun suasana.
2. Tuliskan usur-unsur pendukung dalam tari!
Jawaban: Tata busana, tata rias, tata musik
3. Tuliskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam penataan dan penggunaan busana tari!
Jawaban: Hal-hal yang harus diperhatikan dalam penataan dan penggunaan busana tari a. Busana tari hendaknya enak dipakai dan sedap dilihat oleh penonton b. Pengguna busana selalu mempertimbangkan isi/tema sehingga dapat menghadirkan suatu kesatuan antara tari dan tata busana c. Penata busana hendaknya biasa merangsang imajinasi penonton d. Desain busana harus memperhatikan bentuk-bentuk gerak tari e. Busana sebaiknya dapat member proyeksi kepada penarinya f. Keharmonisan dalam pemilihan atau perpaduan warna warna busana
4. Tuliskan fungsi tata rias dalam tari!
Jawaban:
Fungsi tata rias dalam tari yaitu sebagai berikuta. Menyempurnakan penampilan wajah
b. Membantu menunjukan perwatakan atau karakter penari c. Memberi efek gerak pada ekspresi wajah seorang penari diatas panggung, karena tampilan penari tampak datar ketika tertimpa cahaya lampu d. Memperjelas garis-garis wajah penari untuk mengekspresikan gerak-gerak tari e. Memberi nilai tambah keindahan karya tari
5. Jenis tata rias dalam tari dibedakan menjadi 3! tuliskan!
Jawaban: Jenis tata rias dibedakan sebagai berikut a. Tata rias korektif (corrective make-up) merupakan suatu bentuk tata rias yang bersifat menyempurnakan (koreksi). Tata rias ini menyembunyikan kekurangan-kekurangan yang ada pada wajah dan menonjolkan hal-hal yang menarik dari wajahb. Tata rias fantasi: dikenal juga dengan istilah tata rias karakter khusus. Disebut tata rias karakter khusus, karena menampilkan wujud rekaan dengan mengubah wajah tidak realistik c. Tata rias karakter adalah tata rias yang mengubah penampilan wajah seseorang dalam hal umur, watak, bangsa, sifat, dan ciri-ciri khusus yang melekat pada tokoh. Tata rias karakter dibutukan ketika karakter wajah penari tidak sesuai dengan karakter tari.
6. Konsep apa saja yang diperlukan dalam proses garap gerak dalam tari kreasi?
Jawaban:
Proses garap gerak tari kreasi meliputi 4 tahap yaitu proses eksplorasi gerak, proses stilisasi dan seleksi gerak serta proses penggabungan gerak.
7. Apa yang dimaksud dengan konsep garapan tari?
Jawaban:
Konsep garapan tari memberikan pengetahuan kepada penikmat, penonton, pengguna tarian tersebut tidak hanya mengetahui tariannya tetapi juga dapat mempelajari konsep garapannya
8. Hal hal apa saja yang termuat dalam konsep garapan tari?